Sabtu, 27 April 2024

IT Vaganza 2018 Sambut Sumpah Pemuda

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Lomba robot sederhana di STTS diikuti mahasiswa baru. Foto: Totok/Dok. suarasurabaya.net

Menyambut peringatan Sumpah Pemuda 28 Oktober, STTS gelar IT Vaganza 2018 bertema: Legend Of The Greatest Elder, Sabtu (20/10/2018) sampai Minggu (21/10/2018).

Kegiatan IT Vaganza 2018 merupakan konsep kegiatan dengan tujuan utama memperkenalkan Teknologi, IT dan Bisnis lewat permainan atau games kepada masyarakat Indonesia khususnya siswa SMA, sekaligus mengangkat pengetahuan dan kebudayaan nasional.

Lomba diikuti 250 siswa SMA dari 54 SMA berbagai kota di Indonesia. Materi yang disajikan merupakan kerjasama Dosen dan Mahasiswa program studi Teknik Informatika dan Sistem Informasi Bisnis.

Materi penting lomba ini tentang Computational Thinking, yaitu cara berpikir yang memungkinkan untuk menguraikan suatu masalah menjadi beberapa bagian yang lebih kecil dan lebih sederhana, menemukan pola dalam masalah tersebut, serta menyusun langkah-langkah solusi untuk mengatasi masalah.

Ada 4 hal penting dalam Computational Thinking, yaitu: Decomposition, atau memecah masalah yang lebih besar dan kompleks menjadi bagian-bagian kecil yang lebih sederhana.

Pattern recognition adalah mencari dan menemukan pola atau kesamaan antar masalah maupun dalam masalah tersebut.. Ketiga, Abstraction atau memfokuskan pada informasi penting saja, dan mengabaikan detail yang kurang relevan.

Keempat, Algorithms atau membangun langkah-langkah solusi terhadap masalah yang telah ditemukan dan dipisahkan di awal.

IT Vaganza menuntut pesertanya untuk bermain atau mengikuti permainan dengan cara berkelompok. Ini dilakukan agar peserta selain dapat menyelesaikan permasalahan juga dapat belajar untuk bersosialisasi.

1 kelompok terdiri dari 3 orang siswa yang berasal dari SMA yang sama. Tiap kelompok wajib menyelesaikan tantangan yang diberikan untuk mendapatkan poin tertinggi pada permainan ini.

Tahun ini IT Vaganza 2018 adalah permainan perebutan wilayah Indonesia akan tetapi tetap bersatu melawan penjajah VOC. Setiap tim dapat melakukan serangan dengan cara memasukkan perintah-perintah khusus yang secara otomatis akan dijalankan oleh sistem permainan IT Vaganza.

Panitia berharap dapat mengembangkan materi ini untuk memperkenalkan ilmu dasar dari programming, dan diharapkan agar siswa SMA dapat mengenal ilmu Informatika dan Bisnis sejak dini.

Kelompok yang mendapatkan poin tertinggi berhak menjadi The Greatest Elder.

Diharapkan IT Vaganza 2018 menjadi inspirasi sekaligus menambah wawasan peserta tentang Teknik Informatika dan Sistem Informasi Bisnis.

“Masyarakat kami harapkan mengubah persepsinya tentang ilmu teknik yang sulit dipelajari menjadi sesuatu yang menyenangkan dan mudah dipelajari. Dan diharapkan masyarakat akan lebih terbuka belajar dan siap menghadapi Revolusi Industry 4.0,” terang Reddy Alexandro Harianto, S.Kom., M.Kom., personal in charge IT Vaganza 2018, Jumat (19/10/2018).(tok/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
31o
Kurs