Jumat, 26 April 2024

ITS dan Semen Baturaja Tandatangani MoU

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Rahmad Pribadi Direktur Utama PT Semen Baturaja (Persero) Tbk bersama Prof Ir Joni Hermana MScES PhD., Rektor ITS. Foto: Humas ITS Surabaya

Memperkuat hubungan institusi pendidikan dengan perusahaan milik negara, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya tandatangani Memorandum of Understanding dengan PT Semen Baturaja (Persero) Tbk di Rektorat ITS, Jumat (2/3/2018).

Penandatanganan dilakukan Rahmad Pribadi Direktur Utama PT Semen Baturaja (Persero) Tbk bersama Prof Ir Joni Hermana MScES PhD., Rektor ITS.

PT Semen Baturaja yang beroperasi di Palembang, papar Rahmad Pribadi, merupakan industri semen yang termasuk ke dalam salah satu industri semen yang berlabel Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dari total tiga industri semen BUMN lainnya di bawah Semen Indonesia.

Hal ini menunjukkan bahwa sebagian saham perusahaan semen PT Semen Baturaja yang ada di Palembang ini adalah milik publik. Selain itu, dilansir dari banyaknya alumni ITS yang berkontribusi ke dalam perusahaan negara, maka agenda MoU ini penting.

“Dengan adanya kerja sama ini diharapkan bisa bermanfaat satu sama lain, salah satunya bisa untuk menaikkan kapasitas alumni ITS sendiri ke depannya,” terang Rahmad.

Pasca MoU ini, kata Rahmad rekrutmen alumni ITS ke Semen Baturaja nantinya akan bisa lebih dipermudah. “Karena kami yakin alumni ITS mempunyai kemampuan engineer yang bagus, sudah terbukti dengan alumni yang terserap di perusahaan-perusahaan negara,” kata Rahmad.

Apalagi, sejak tahun 2017, ITS Surabaya sudah resmi menyandang status Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH) yang sudah lebih otonomi. Sehingga bisa lebih leluasa dalam mengelola institusinya sendiri, secara operasional maupun finansial.

Sementara itu menurut Joni Hermana Rektor ITS, bahwa sebagai warga negara Indonesia seharusnya semua bisa membela perusahaan yang ada di negara sendiri. “Yakni dengan berkontribusi dalam membangun industri BUMN yang sehat,” tegas Joni.

Dengan adanya kesepakatan kerja sama ini, lanjut Joni diharapkan ITS bisa menjadi satu diantara lembaga yang berkontribusi membangun BUMN yang sehat untuk negara. “Apalagi dengan dilihat adanya potensi dan energi yang besar dari Semen Baturaja sendiri,” pungkas Joni Hermana.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
28o
Kurs