Minggu, 5 Mei 2024

Indonesia Dukung Semenanjung Korea Bebas Damai dan Nuklir

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Retno Marsudi Menteri Luar Negeri. Foto: kemlu.go.id

Retno Marsudi Menteri Luar Negeri RI menegaskan harapan dan dukungan Indonesia bagi proses perdamaian dan denuklirisasi di Semenanjung Korea. Hal ini disampaikannya dalam keterangan tertulis dari Kementerian Luar Negeri yang diterima di Jakarta, Kamis (26/7/2018).

Harapan dan dukungan tersebut disampaikan pemerintah Indonesia menyusul serangkaian pertemuan tingkat tinggi antara pemimpin Korea Utara dan Korea Selatan, serta pertemuan Pemimpin Korea Utara dan Presiden Amerika Serikat.

Retno Marsudi Menlu menegaskan dukungan itu saat melakukan pertemuan bilateral dengan Kang Kyung-Hwa Menlu Korsel di Kementerian Luar Negeri Korea Selatan.

Menlu RI juga menegaskan kesiapan Indonesia untuk berkontribusi saat menjabat sebagai anggota tidak tetap Dewam Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) periode 2019-2020.

Ia menyampaikan bahwa Indonesia akan memastikan agar DK PBB terus mengambil langkah yang terukur dalam mendorong proses perdamaian di Semenanjung Korea yang damai dan bebas nuklir.

“Menlu Kang menyampaikan langsung perkembangan proses perdamaian di Semenanjung Korea. Saya kembali menegaskan pentingnya tindak lanjut dari kedua KTT yang telah dilakukan dalam menuju perdamaian semenanjung Korea,” ujar Menlu Retno dilansir Antara.

Sebagai Utusan Khusus Presiden RI, Menlu Retno akan bertemu Moon Jae-In Presiden Korea Selatan pada Jumat (27/7/2018) ini. (ant/tin/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
32o
Kurs