Minggu, 26 Juni 2022

Indonesia Gelar Pameran Pariwisata di Eropa Tengah

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Warga Hungaria berlatih gamelan di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Budapest. Foto: Istimewa.

Pemerintah Indonesia menggelar “roadshow” pameran pariwisata di beberapa negara Eropa Tengah untuk menarik perhatian wisatawan mancanegara dari kawasan tersebut.

Dalam keterangan pers KBRI Budapest, Sabtu (3/3/2018), Pemerintah Indonesia mulai menggenjot promosi pariwisata di negara-negara Eropa Tengah, seperti Hungaria, Ceko dan Slovakia walaupun negara-negara tersebut memiliki jumlah penduduk yang relatif kecil.

Hal itu dilakukan karena masyarakat di negara-negara tersebut gemar melakukan kunjungan wisata ke negara asing, baik di kawasan Eropa maupun negara-negara eksotis dunia, seperti Indonesia.

Melihat potensi itu, Pemerintah Indonesia dalam hal ini Kementerian Luar Negeri bekerja sama dengan pemerintah daerah dan operator perjalanan di Indonesia melaksanakan “road show” terpadu pameran pariwisata Indonesia di ketiga negara tersebut.

Road show pariwisata itu dimulai dengan pameran pariwisata Utazas 2018 di Budapest pada 1-4 Maret 2018, pertemuan bisnis di Bratislava dan Praha pada 5 Maret 2018 dinilai sebagai langkah awal yang tepat untuk mendorong peningkatan kunjungan wisman dari kawasan Eropa Tengah ke Indonesia.

“Kita buat roadshow pameran dan promosi pariwisata ke tiga negara,” ujar Taufiq Lamsuhur Pejabat Direktorat Eropa II Kemlu RI seperti dilansir Antara.

“Karena dengan menggabungkan kesempatan promosi di tiga negara, selain jangkauan promosi yang lebih besar, hal ini juga dapat menarik minat para operator perjalanan Indonesia untuk ikut dalam program ini, dan tentunya dapat menekan cost dalam jumlah yang cukup signifikan,” lanjut dia.

Pameran Utazas 2018 juga ikut diramaikan dengan keikutsertaan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara yang dipimpin langsung oleh Gubernur Erry Nuradi, yang mengajak para pengunjung untuk mengunjungi danau Toba dan melihat secara langsung kebudayaan di pulau Nias.

Operator perjalanan Indonesia yang mengisi paviliun Indonesia, terdiri dari Adventure Indonesia, Nusa Dua Tour and Travel, Dewi Wisata Tour and Travel Makassar, Ravelino Tours and Travel, Suarti Boutique Village Ubud, Ernitour dan Bali Online Travel.

Bagi para operator perjalanan, kegiatan promosi pariwisata yang diikuti memberikan kesempatan kepada mereka untuk menjual paket-paket pariwisata ke Indonesia kepada para pengunjung pameran, sekaligus menjalin kerja sama dengan para operator perjalanan lokal untuk memasarkan paket perjalanan unggulan.

Setiap harinya paviliun Indonesia menampilkan tarian nusantara pada sesi siang dan sesi sore disamping mempromosikan produk unggulan Indonesia, yaitu Indomie produksi di Serbia yang baru-baru ini masuk di pasar Hungaria. (ant/ino)

Berita Terkait

Surabaya
Minggu, 26 Juni 2022
25o
Kurs