Minggu, 5 Mei 2024

Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah Our Ocean Conference 2018

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden memimpin rapat kabinet terbatas di Istana Kepresidenan Bogor, membahas persiapan Our Ocean Conference 2018 yang akan digelar di Bali, 29-30 Oktober 2018. Foto: Biro Pers Setpres

Indonesia tengah bersiap menggelar Our Ocean Conference (OOC) tahun 2018. Konferensi yang pada tahun ini akan digelar untuk kelima kalinya, akan diselenggarakan di Bali, 29-30 Oktober 2018.

Dalam rapat terbatas yang digelar siang hari ini di Istana Kepresidenan Bogor, Joko Widodo Presiden memantau persiapan akhir menjelang konferensi tersebut.

Jokowi mengatakan, kesempatan menjadi tuan rumah OOC adalah bentuk kepercayaan dunia internasional kepada Indonesia. Presiden mengimbau supaya acara itu bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya.

“Ini adalah kepercayaan dunia internasional terhadap Indonesia dalam menyelenggarakan acara yang berkelas dunia,” ujarnya di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Senin (22/10/2018).

Lebih lanjut, Kepala Negara juga mengingatkan, kesuksesan Indonesia dalam menggelar acara-acara berskala internasional juga akan menumbuhan kepercayaan dunia.

“Kita ingin membangun sebuah kepercayaan dari dunia internasional yang terus harus kita jaga. Ini juga sekaligus membuktikan bahwa Indonesia adalah negara besar,” tuturnya.

Konferensi OOC akan dimanfaatkan oleh Indonesia untuk menunjukkan komitmen kuat sebagai negara poros maritim dunia dalam menghadapi isu penangkapan ikan ilegal.

Dengan mengusung tema “Our Ocean, Our Legacy”, konferensi kali ini juga diharapkan dapat menumbuhan komitmen pengelolaan laut secara berkelanjutan untuk dapat diwariskan kepada generasi penerus Indonesia.

“Saya ingin agar Our Ocean Conference 2018 ini betul-betul dimanfaatkan yang sebesar-besarnya untuk kepentingan nasional kita,” tandas Presiden.

Sekadar diketahui, OOC telah digelar sejak 2014 di mana dalam penyelenggaraan terakhir Malta dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggaraan.

Tiap tahunnya, konferensi ini mengumpulkan peserta dari berbagai negara untuk meningkatkan kemitraan antara berbagai pemangku kepentingan dalam menindaklanjuti komitmen yang telah disepakati bersama terkait dengan kelestarian laut dan segala sumber dayanya. (rid/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
29o
Kurs