Jumat, 29 Maret 2024

Ini Upaya Pemkab Sidoarjo Atasi Banjir di Tropodo

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi. Grafis: suarasurabaya.net

Sigit Setyawan Kepala Dinas PU Kabupaten Sidoarjo memaparkan beberapa upaya yang tengah dikerjakan pemerintah untuk mengatasi banjir di kawasan Tropodo.

Pertama adalah membuatkan saluran box culvert–yang saat ini pembangunannya belum tuntas–di timur dan barat jalan.

“Pembangunan box culvert akan kami lanjutkan di beberapa titik. Jalan di Tambak Sawah sudah kami tinggikan. Salurannya akan menyusul. Kami sudah minta kontraktor mempercepat pembangunan box culvert,” ujarnya kepada Radio Suara Surabaya, Minggu (11/2/2018).

Rencana lainnya yaitu normalisasi kali Cantel dan kali Buntung. Menurutnya, kondisi sungai juga memberi kontribusi untuk genangan di Tropodo. Banyak warga yang mendirikan bangunan di sepanjang stren sungai.

“Kami mohon warga yang tinggal di pinggir Kali Cantel dan Kali Buntung harus paham tentang proyek normalisasi ini. Tahun lalu memang sudah kami alokasikan tapi masih terjadi tarik ulur soal anggaran dengan dewan. Semoga April tahun ini normalisasi sungai bisa kami lakukan,” kata Sigit.

Mengingat beberapa hari ini curah hujan agak tinggi, solusi jangka pendek pemerintah adalah dengan memompa air dengan pompa portable ke kali Cantel dan kali Buntung.(iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
26o
Kurs