Sabtu, 16 Januari 2021

Jakarta Menyambut Cap Go Meh dengan Pawai Budaya Etnis Tionghoa

Laporan oleh Jose Asmanu
Bagikan
Pernik-pernik di sebuah mal kawasan Jakarta Barat untuk menyambut Cap Go Meh penutup perayaan tahun baru Imlek 2569. Foto: Jose suarasurabaya.net

Masyarakat Tionghoa di Jakarta, Minggu (4/2/2018) akan menggelar pawai budaya menyambut Cap Go Meh menandai berakhirnya perayaan tahun baru Imlek 2596.

Pawai budaya ini akan dimeriahkan dengan atraksi barongsai, liang liong dan berbagai kesenian Tionghoa yang berkembang di masyarakat.

Ada dua wilayan di Jakarta yang hari ini akan mengadakan pawai budaya cap go meh yakni Jakarta Timur dan Jakarta Barat.

Di Jakarta Timur akan dipusatkan di Jatinegara sedangkan di Jakarta Barat perayaan Cap Go Meh diadakan di Wihara Petak sembilan.

Hery Tan mewakili panitia Cap Go Meh komunitas Wihara petak sembilan mengatakan arak-arakan budaya ini akan diberangkatkan dari depan Hotel Glodok Jalan Gajah Mada menuju Harmoni melalui Jalan Hayam Wuruk dan berputar kembali ke Glodok.

Menurut kalender, Cap Go Meh yang ditandai dengan bulan purnama jatuh hari Jumat (2/3/2018).

Khusus di Jakarta, perayaannya dipulihkan pada hari libur yakni Minggu untuk menghindari macet. Mengingat Jalan Gajah Mada Glodok adalah salah satu kawasan rawan macet.

Menurut Hery Tan, Cap Go Meh melambangkan hari ke-15 dan hari terakhir dari masa perayaan Tahun Baru Imlek bagi komunitas Tionghoa di seluruh dunia.

Istilah ini berasal dari dialek Hokkien dan secara harafiah berarti hari kelima belas dari bulan pertama (Cap=Sepuluh, Go=Lima, Meh=Malam). Ini berarti, masa perayaan Tahun Baru Imlek berlangsung selama lima belas hari.

Perayaan ini dirayakan dengan jamuan besar dan berbagai kegiatan. Di Taiwan ia dirayakan sebagai Festival Lampion. Di Asia Tenggara ia dikenal sebagai hari Valentine Tionghoa, masa ketika wanita-wanita yang belum menikah berkumpul bersama dan melemparkan jeruk ke dalam laut suatu adat yang berasal dari Penang, Malaysia. (jos/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan di Margorejo

PickUp Mogok di Flyover Waru

Pantauan Lalu Lintas Wonokromo arah A.Yani

Rusak, Berlubang, dan Bergelombang

Surabaya
Sabtu, 16 Januari 2021
26o
Kurs