Senin, 6 Mei 2024

Jalan Raya Gubeng Telah Dibuka Untuk Uji Coba

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Jalan Raya Gubeng pada Kamis telah dibuka untuk uji coba setelah delapan hari sejak peristiwa amblesnya tanah di lokasi tersebut, Kamis petang (27/12/2018) ini. Foto: Abidin suarasurabaya.net

Pada Kamis petang (27/12/2018) sekitar pukul 18.15 WIB, Jalan Raya Gubeng telah dibuka untuk uji coba, setelah terhitung delapan hari sejak peristiwa amblesnya tanah di lokasi tersebut.

Berdasarkan pantauan suarasurabaya.net, Jalan Raya Gubeng ini sudah dapat dilewati sejumlah kendaraan seperti motor dan mobil pribadi.

I Ketut Darmawan Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII mengatakan, pelaksanaan uji coba ini berdasarkan koordinasi antara BP PJN VIII dengan Pemkot Surabaya serta pihak lainnya.

Ketut mengatakan, uji coba ini dilakukan dengan membuka akses agar kendaraan dapat melintas sambil dilakukan pemantauan keamanan. Menurutnya, jalan ini belum permanen. Namun ada kemungkinan jalan ini mengalami penurunan atau kerusakan setelah dilalui kendaraan. Bila ini terjadi, pemeliharaan harus dilakukan untuk pihak-pihak terkait.

Intinya, berdasarkan koordinasi BP PJN VIII dengan Pemkot Surabaya, uji coba sudah dilakukan hari ini dan kendaraan sudah bisa melintas.

Di lokasi, sejumlah pejabat Pemkot Surabaya seperti Hendro Gunawan Sekretaris Pemkot Surabaya , M Taswir Asisten Bidang Perekonomian Pemkot Surabaya, dan juga Erna Purnawati Kepala Dinas PU Bina Marga, serta Irwan Wahyu Drajat berada di lokasi untuk menyaksikan langsung uji coba pembukaan Jalan Raya Gubeng.

Uji coba ini disaksikan oleh Tri Rismaharini Walikota Surabaya meskipun ia memantau dari bawah tenda di lokasi.

Meskipun begitu, di lokasi masih terlihat crane yang masih standbye memasang turap baja atau Steel Sheet Pile (SSP), agar dapat menahan kekuatan jalan sehingga tidak mengalami kelongsoran di sisi timbunan di galian basement.

Sekedar diketahui, Tim Mitigasi Kelongsoran Jalan Raya Gubeng Surabaya memperbolehkan Jalan Raya Gubeng difungsikan kembali dengan merekomendasikan dua hal teknis yang sebaiknya dilakukan oleh Pemkot Surabaya.

Dua rekomendasi itu, pertama, turap baja atau Steel Sheet Pile (SSP) di jalan Raya Gubeng sisi barat sudah terpasang. Kedua, pengurukan tanah di galian basement itu, 1:2 kemiringannya atau tidak terlalu curam.

Namun hingga saat ini, masih belum diketahui sampai kapan uji coba Jalan Raya Gubeng ini dilakukan.(den/tin/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
28o
Kurs