Jumat, 3 Mei 2024

Jalan Tol Pandaan-Malang Akan Beroperasi Total Pada April 2019

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Agus Purnomo Dirut Jasamarga Pandaan-Malang menjelaskan progress pengerjaan jalan tol Pandaan-Malang kepada para mahasiswa jurusan Teknik dari ITS dan UB, Kamis (4/10/2018). Foto: Baskoro suarasurabaya.net

Jalan Tol Pandaan-Malang yang telah dikerjakan sejak November 2016, rencananya akan segera selesai dan dapat beroperasi Total pada April 2019. Ini dikatakan oleh Agus Purnomo Dirut Jasamarga Pandaan-Malang pada Kunjungan Lapangan yang digelar di lokasi Proyek Pembangunan Tol Pandaan-Malang, Kamis (4/10/2018).

Ia menyebut, progress pekerjaan per tanggal 30 September 2018 lalu, untuk konstruksi telah mencapai 72 persen. Sedangkan untuk pembebasan lahan sebanyak 90 persen. Pada saat proyek mulai dikerjakan pada November 2016, Agus mengaku pembangunan ini direncakan selesai pada November 2018. Namun, pembebasan lahan yang belum sempurna menjadi salah satu kendala.

“Lahan ini kan (pembebasannya, red) nggak bareng. Konstruksi belum bisa sambung menyambung,” katanya.

Melihat kondisi ini, ia berharap, dari 5 seksi yang direncakan oleh Jasa Marga, seksi 1-3 sepanjang 30 KM bisa selesai di bulan November 2018 atau minimal di Awal Desember 2018. Sehingga pada awal tahun 2019, untuk tiga seksi ini bisa beroperasi.

Agus juga optimis bahwa pembangunan jalan tol sepanjang 38,5 KM ini dapat sepenuhnya beroperasi pada awal April 2019. Ia juga memprediksi, apabila jalan tol ini sudah beroperasi, sekitar 27.000 kendaraan akan melintas setiap harinya.

Jalan Tol ini menghabiskan investasi sebesar Rp5,9 Triliun untuk konstruksi dan Rp3 Triliun untuk pembebasan tanah. Bertindak sebagai kontraktor yaitu PT. PP (Persero) dan konsultan Supervisi yaitu PT. Virama Karya Persero.

Terkait tarif yang akan dipatok untuk Tol Pandaan-Malang, Agus masih belum bisa memberi angka pasti. Ia hanya bisa memastikan bahwa tarif tidak akan lebih dari Rp1000 per KM.

Tol ini akan memiliki 5 Pintu Keluar Masuk masing-masing yaitu pertama di Pandaan sekitar Purwodadi; Kedua, di Lawang; Ketiga, di Singosari sekitar Karanglo; Keempat, di Pakis, menuju bandara Abdurahman Saleh, dan kelima, di malang sekitar Sawojajar. Selain itu, akan ada empat rest area di KM 8 dan KM 27 di kedua sisi. (bas/tin/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
30o
Kurs