Jumat, 26 April 2024

Jalan Tol Solo-Ngawi Segmen Sragen-Ngawi Siap Beroperasi

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Tol Solo-Ngawi Segmen Sragen-Ngawi siap dioprasikan dalam waktu dekat ini. Foto: Istimewa

Dalam waktu dekat ini, Jalan Tol Solo-Ngawi Segmen Sragen-Ngawi siap beroperasi. Hal ini setelah jalan tol yang dibangun oleh PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN), anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk., tersebut telah mengantongi Sertifikat Laik Operasi.

Sertifikat tersebut tertuang dalam Surat Dirjen Bina Marga No. JL02.01-Db/1.212 tertanggal 25 Oktober 2018 yang menyatakan, secara umum, Jalan Tol Solo-Ngawi Segmen Sragen-Ngawi laik operasi dan direkomendasikan untuk dioperasikan sebagai jalan tol.

“Sedangkan, mengenai penetapan pengoperasian dan pemberlakuan tarif jalan tol akan ditetapkan melalui Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR),” kata David Wijayatno Direktur Utama PT Jasamarga Solo Ngawi dalam siaran pers yang diterima suarasurabaya.net, Senin (5/11/2018).

Sebelum pengoperasian, PT JSN akan melakukan sosialisasi pengoperasian jalan tol. Selain itu, PT JSN diwajibkan mengikuti ketentuan-ketentuan yang diatur dalam Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) dan peraturan perundang-undangan yang berlaku sebelum beroperasinya Jalan Tol Solo-Ngawi Segmen Sragen-Ngawi.

Rencananya, jalan tol ini dilengkapi dengan delapan Gerbang Tol (GT) untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses jalan tol, diantaranya GT Colomadu, GT Bandara, GT Ngemplak, GT Purwodadi, GT Karanganyar, GT Sragen, GT Sragen Timur, dan GT Ngawi (Kota Ngawi).

Jalan Tol Solo-Ngawi terdiri dari tiga tahapan pengoperasian. Tahap I Segmen SS Ngawi-Klitik (Ngawi) sepanjang 4 km telah beroperasi sejak 30 Maret 2018. Lalu, Tahap II Kartasura-Sragen diresmikan pada 15 Juli 2018. Terakhir, Tahap III Sragen-Ngawi yang telah mendapat sertifikat laik operasi.

Jalan Tol Solo-Ngawi sendiri merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Trans Jawa yang tergabung dalam Proyek Strategis Nasional (PSN). Diharapkan, dengan dibangunnya tol Solo-Ngawi sepanjang 90,43 km ini dapat berdampak positif bagi perekenomian kawasan Solo sampai Ngawi dan sekitarnya.(dim/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs