Jumat, 19 April 2024

Jokowi Bagikan Ribuan Sertifikat Tanah ke Masyarakat Jatim

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Joko Widodo (Jokowi) Presiden RI membagikan sebanyak 5.000 sertifikat tanah, untuk masyarakat wilayah Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik, di Gedung JX International Surabaya, Kamis (6/9/2018)

Joko Widodo (Jokowi) Presiden RI membagikan 5.000 sertifikat tanah untuk masyarakat wilayah Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik, di Gedung JX International Surabaya, Kamis (6/9/2018). Jumlah tersebut dipastikan meningkat dari tahun sebelumnya.

Dalam waktu dekat, pihaknya akan menerbitkan sertifikat sebanyak 1.570.000 untuk Jawa Timur, yang ditargetkan selesai sampai dengan Desember mendatang.

Jokowi mengklaim, bahwa tahun ini sudah ada sekitar 7 juta sertifikat yang berhasil dibagikan. Jumlah tersebut naik dibandingkan tahun sebelumnya, yaitu 5 juta sertifikat. Untuk tahun depan, pihaknya menargetkan akan menerbitkan sebanyak 9 juta sertifikat.

“Hari ini ada 5.000 sertifikat hak atas tanah kepada masyarakat Jawa Timur. Sebentar lagi saya akan terbitkan, sebanyak 1.570.000 untuk Jawa Timur, yang ditargetkan selesai sampai dengan Desember mendatang,” kata Jokowi, Kamis (6/9/2018).


Sebanyak 5.000 sertifikat tanah dibagikan Joko Widodo Presiden untuk masyarakat wilayah Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik. Foto: Anggi suarasurabaya.net

Jokowi menjelaskan, sampai saat ini dari total 126 juta sertifikat se Indonesia, 46 juta di antaranya sudah selesai dibagikan. Sementara kekurangannya, yaitu 80 juta sertifikat masih dalam proses.

Dalam hal ini, Jokowi meminta pihak Badan Pertanahan Nasional (BPN) untuk segera merampungkan, karena ini termasuk hak rakyat. Apalagi, pada tahun 2025 mendatang, ditargetkan semua tanah di Indonesia sudah bersertifikat.

“Target saya pada 2025 harus rampung urusan sertifikat. Saya tahu kantor BPN sekarang nggak pernah tidur. Tapi memang harus seperti itu untuk masyarakat, harusnya cepat-cepat dirampungkan. Kalau kerja dengan saya, saya beri target,” kata dia.

Setelah membagikan ribuan sertifikat, Jokowi memberikan imbauan kepada masyarakat, untuk bisa menggunakan sertifikat itu dengan hal yang produktif dan tidak gegabah.

Misalnya untuk keperluan modal usaha, dan modal pertanian yang sebaiknya meminjam uang ke bank sesuai dengan kemampuannya. Jika tidak, maka sertifikat itu bisa saja berpotensi akan hilang.

“Meminjam uang di bank boleh, tapi hitung dulu apakah bisa mengembalikannya atau tidak. Tolong dihitung kalau pinjaman bank meminjam uang untuk hal yang produktif. Seperti modal usaha, modal pertanian dan model apa saja itu. Tidak usah aneh-aneh. Kalau digunakan dan tidak bisa membayar jadinya sertifikat hilang,” jelasnya. (ang/tin/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
26o
Kurs