Rabu, 15 Mei 2024

Jokowi Kunjungi Lokasi Pengungsian Rakhine State

Laporan oleh Jose Asmanu
Bagikan
Joko Widodo Presiden bersama Iriana Joko Widodo Ibu Negara berkunjung ke kemah pengungsian Rakhine State di Bangladesh, Minggu (28/1/2018). Foto: Biro Setpres

Saat berkunjung ke Bangladesh, Joko Widodo Presiden dan Iriana Joko Widodo Ibu Negara sempat melakukan peninjauan ke salah satu lokasi pengungsian untuk orang-orang Rakhine State di Kemah (camp) Jamtoli, Sub Distrik Ukhiya, Distrik Cox’s Bazar, Bangladesh, Minggu (28/1/2018).

“Saya hadir di Kamp Pengungsi Jamtoli ini di Cox’s Bazar untuk pertama melihat langsung kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat kita, oleh NGO-NGO kita, dan juga oleh pemerintah,” ujar Jokowi dalam keterangan pers yang diterima suarasurabaya.net.

Dalam kunjungan itu Jokowi meninjau Indonesia Humanitarian Alliance (IHA)-The Dreamers Medical Camps sebagai salah satu fasilitas kesehatan hasil kerja sama pemerintah bersama Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), organisasi, serta masyarakat Indonesia.

Jokowi juga sempat berinteraksi dengan para pengungsi seraya memberikan bantuan kemanusiaan. Sejumlah klinik pengobatan, farmasi, hingga pompa air yang berada di fasilitas kesehatan juga tidak luput dari tinjauan Kepala Negara.

Tidak lupa Jokowi Presiden memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung langkah pemerintah memberikan bantuan kemanusiaan untuk pengungsi Rakhine State.

“Saya juga ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak dari Indonesia, termasuk masyarakat, LSM kemanusiaan,” ucap Jokowi Presiden.

Pada kesempatan itu, Jokowi juga menyatakan kesiapan pemerintah dan masyarakat Indonesia untuk terus membantu para pengungsi dari Rakhine State yang berada di Bangladesh.

“Sejak awal pemerintah kita selalu berkoordinasi mengenai kebutuhan di lapangan. Dan bantuan kemanusiaan ini akan kita berikan secara berkesinambungan,” tutur Presiden Jokowi.(jos/den)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 15 Mei 2024
25o
Kurs