Jumat, 26 April 2024

Jokowi Meresmikan Bank Wakaf Pertama di Surabaya

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Bangunan Bank Wakaf Mikro Al Fitrah Wava Mandiri di Ponpes As Salafi Al Fitrah yang akan diresmikan oleh Joko Widodo Presiden. Foto: Denza suarasurabaya.net

Joko Widodo Presiden akan meresmikan Bank Wakaf Mikro Al Fitrah Wava Mandiri di Pondok Pesantren As Salafi Al Fitrah, Jalan Tanah Kali Kedinding, Surabaya, Jumat (9/3/2018).

Ali Hamdan Pengawas Bank Wakaf Mikro Al Fitrah Wava Mandiri menjelaskan, Bank Wakaf ini sudah dikonsep bekerja sama dengan Lembaga Amil Zakat Nasional Bangun Sejahtera Mitra Umat (Laznas BSM) sejak September 2017 lalu.

Bank Wakaf Mikro Al Fitrah Wava Mandiri ini dikelola oleh badan hukum berbentuk Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS) yang didukung Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam hal izin operasional.

“Sesuai namanya, seluruh dana bank wakaf yang disalurkan kepada nasabah bukan berasal dari nasabah, tapi dari hasil wakaf perorangan, lembaga, maupun perusahaan,” ujarnya.

Sampai saat ini, kata Ali, modal awal Bank Wakaf Mikro Al Fitrah Wava Mandiri yang telah terkumpul atas kerja sama dengan Laznas BSM sebesar Rp4 miliar.

Modal tersebut akan disalurkan berupa pembiayaan kelompok usaha mikro yang ada di kawasan Kelurahan Tanah Kali Kedinding.

“Sebenarnya, batasnya satu kecamatan, se-kenjeran. Tapi sementara ini kami ambil yang terdekat dulu, di Kelurahan Tanah Kali Kedinding,” kata Ali.

Sampai akhir Februari kemarin, sudah ada sebanyak 70 nasabah pelaku usaha kecil menengah di Tanah Kali Kedinding yang mendapatkan pembiayaan pendampingan dari Bank Wakaf Mikro Al Fitrah Wava Mandiri.

“Mereka ini sebagian besar bergerak di usaha kecil menengah makanan. Seperti penjual kue, ada juga ibu-ibu penjual soto, serta peracangan,” ujarnya.

Pembiayaan yang diberikan oleh Bank Wakaf Mikro Al Fitrah Wava Mandiri dengan akad qardh atau hutang tanpa biaya jasa dan bunga.

Untuk sementara ini, pinjaman yang bisa diberikan maksimal Rp1 juta per nasabah, dengan cicilan setiap minggu selama 40 minggu, atau sebesar Rp25 ribu per minggu.

Tidak hanya memberikan pinjaman, kata Ali, Bank Wakaf Mikro Al Fitrah Wava Mandiri juga memberikan pendampingan berupa pelatihan usaha kepada nasabahnya.

Di Jawa Timur, Bank Wakaf ini diterapkan di lima Pondok Pesantren lain selain Pondok Pesantren As Salafi Al Fitrah. Dua di antaranya di Kediri, yakni Pondok Pesantren Al Amin dan Pondok Pesantren Lirboyo.

Sedangkan tiga lainnya diterapkan di tiga pondok pesantren di Jombang. Antara lain Ponpes Tambak Beras, Ponpes Denanyar, dan Ponpes Tebu Ireng.

Peresmian Bank Wakaf Mikro Al Fitrah Wafa Mandiri oleh Jokowi Presiden di Tanah Kali Kedinding Surabaya ini adalah yang pertama kalinya di Jawa Timur.

Secara Nasional, Bank Wakaf ini sebelumnya sudah diresmikan di salah satu pondok pesantren di Cirebon sekitar Oktober 2017 lalu.

Program Bank Wakaf ini, secara total diterapkan di 20 pondok pesantren yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia, termasuk di Jawa Timur.(den/iss/ipg)

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
29o
Kurs