Sabtu, 20 April 2024

Jokowi Presiden Melantik Gubernur Kaltim dan Sumsel Periode 2018-2023

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Isran Noor-Hadi Mulyadi pasangan Cagub Terpilih Provinsi Kalimantan Timur dan Herman Deru-Mawardi Yahya Cagub Terpilih Provinsi Sumatera Selatan, bersiap menjalani prosesi pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Senin (1/10/2018). Foto: Farid suarasurabaya.net

Joko Widodo Presiden, siang hari ini, Senin (1/10/2018) melantik dua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur terpilih, hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak, 27 Juni 2018.

Kedua pasangan gubernur dan wakil gubernur periode 2018-2023 itu adalah Isran Noor-Hadi Mulyadi untuk Provinsi Kalimantan Timur, kemudian Herman Deru-Mawardi Yahya untuk Provinsi Sumatera Selatan.

Prosesi upacara pelantikan dimulai dari Ruang Kredensial Istana Merdeka.

Jokowi Presiden didampingi Jusuf Kalla Wakil Presiden dan Tjahjo Kumolo Menteri Dalam Negeri, menyerahkan petikan Surat Keputusan Presiden (Keppres) kepada calon gubernur-wakil gubernur yang akan dilantik.

Usai penyerahan Keppres, Presiden beserta Wakil Presiden dan Mendagri, bersama pasangan calon gubernur-wakil gubernur terpilih, berjalan kaki dari Istana Merdeka menuju ruang pelantikan di Istana Negara.

Dalam prosedi itu, Presiden, Wakil Presiden, Mendagri dan pasangang cagub terpilih diiringi marching band Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

“Demi Allah saya bersumpah, saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur/sebagai wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa,” ucap Jokowi diikuti Herman-Mawardi dan Isran-Hadi, Senin (1/10/2018), di Istana Negara, Jakarta.

Selanjutnya, Herman-Mawardi, Isran-Hadi serta Jokowi menandatanganani berita acara pengambilan sumpah jabatan gubernur dan wakil gubernur masa jabatan 2018-2023. Kemudian, dilanjutkan sesi foto dan bersalaman.

Turut hadir falam acara itu pejabat tinggi negara, antara lain Zulkifli Hasan Ketua MPR RI, Hidayat Nur Wahid Wakil Ketua MPR RI, Oesman Sapta Odang Ketua DPD RI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto Panglima TNI, Amzulian Rifai Ketua Ombudsman, dan Komjen Pol Ari Dono Sukmanto Wakapolri.

Sekadar diketahui, Isran Noor-Hadi Mulyadi menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur menggantikan Awang Faroek Ishak dan Mukmin Faisyal.

Sedangkan Herman Deru-Mawardi Yahya menggantikan Alex Noerdin-Ishak Mekki sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan. (rid/tin/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
27o
Kurs