Jumat, 31 Mei 2024

Jokowi Presiden Membuka Konvensi Nasional Humas 2018

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden menyampaikan arahan kepada ratusan praktisi humas sebelum membuka secara resmi Konvensi Nasional Humas 2018, Senin (10/12/2018), di Istana Negara, Jakarta. Foto: Farid suarasurabaya.net

Joko Widodo Presiden, hari ini, Senin (10/12/2018), membuka Konvensi Nasional Humas 4.0, dalam acara yang digelar di Istana Negara, Jakarta.

Sekitar pukul 09.10 WIB, Presiden tiba di Istana Negara didampingi Rudiantara Menteri Komunikasi dan Informatika, serta Moeldoko Kepala Kantor Staf Kepresidenan.

Acara tersebut dihadiri ratusan praktisi hubungan masyarakat, yang tergabung dalam Perhimpunan Hubungan Masyarakat (Perhumas) Indonesia.

Terlihat hadir di Istana Negara, Sutopo Purwo Nugroho Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), yang menjadi salah seorang penerima anugerah dari Perhumas Indonesia.

Sebelum resmi memukul gong tanda dibukanya Konvensi Nasional Humas 2018, Presiden menyampaikan arahan dan sejumlah harapannya.

Antara lain, praktisi humas berkewajiban menyampaikan hal yang baik seperti reputasi perusahaan juga pemerintah kepada masyarakat, menghindari penyebaran hoax, fitnah dan ujaran kebencian.

“Pada dasarnya, peran humas adalah menyampaikan pesan positif dan prestasi perusahaan tanpa menjelek-jelekkan perusahaan lain, apalagi menyebarkan hoax, fitnah dan ujaran kebencian. Hal itu penting untuk membangun kepercayaan publik. Begitu juga dengan humas pemerintahan,” ujar Presiden.

Di era keterbukaan informasi digital dan Revolusi Industri 4.0, Jokowi minta praktisi humas harus punya standar moral dan etika yang tinggi, menebarkan optimisme, dan menyampaikan narasi yang mencerdaskan bangsa.

Pada kesempatan itu, Agung Laksamana Ketua Umum Perhumas Indonesia mengatakan, Konvensi Nasional Humas tahun ini nantinya akan menghasilkan rekomendasi yang berkontribusi dalam Revolusi Industri 4.0.

Untuk mendukung Revolusi Industri jilid keempat, menurutnya humas harus adaptif, berwawasan global, kreatif, digital, cepat dan responsif, memiliki agenda setting yang jelas, dan siap berkolaborasi dengan pemerintah.

Sekadar diketahui, Konvensi Nasional Humas Tahun 2018 digelar tanggal 10-11 Desember 2018, di Djakarta Theater, kawasan Jakarta Pusat.

Tahun ini, Konvensi Nasional Humas mengangkat tema Humas 4.0 Tantangan Kebangsaan dan Reputasi Indonesia. (rid/tin)

Berita Terkait

..
Surabaya
Jumat, 31 Mei 2024
27o
Kurs