Sabtu, 25 Mei 2024
Asian Games 2018

Jokowi Presiden Resmi Melepas Kontingen Indonesia ke Asian Games 2018

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden foto bersama perwakilan pelatih, ofisial dan atlet sepak bola putra dan putri yang akan berlaga di Asian Games 2018, Rabu (8/8/2018), di Komplek Istana Kepresidenan Jakarta. Foto: Farid suarasurabaya.net

Joko Widodo Presiden, Rabu (8/8/2018) sore ini melepas Kontingen Indonesia yang akan berlaga di ajang Asian Games ke-XVIII Tahun 2018, yang dihelat di Jakarta dan Palembang, Sumatera Selatan.

Sekitar 904 orang atlet dan ofisial yang kompak memakai jaket merah bertuliskan Tim Indonesia, berkumpul di lapangan tengah Istana Kepresidenan Jakarta.

Turut hadir antara lain Komisaris Jenderal (Pol) Syafruddin Chef de Mission Indonesia, Imam Nahrawi Menteri Pemuda dan Olahraga, Puan Maharani Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Erick Tohir Ketua INASGOC.

Sebelum resmi melepas Kontingen Indonesia, Jokowi Presiden berpesan kepada seluruh atlet dan ofisial untuk mengeluarkan kemampuan terbaik, demi mengharumkan nama Indonesia.

Presiden juga mengingatkan, 263 juta masyarakat mendukung perjuangan para atlet Indonesia dalam pesta olahraga terbesar di kawasan Asia yang  berlangsung empat tahun sekali.

“Saudara semua adalah putra-putri terbaik dari Indonesia yang mewakili 263 juta masyarakat. Saya tahu saudara-saudara, seluruh atlet yang didukung pelatih dan ofisial sudah berlatih sangat lama. Maka dari itu, saya yakin Insya Allah medali emas akan mendapat banyak medali emas,” kata Jokowi, yang langsung disambut tepuk tangan meriah.

Sekadar diketahui, Kontingen Indonesia di pentas Asian Games 2018 berjumlah 1.383 orang. Terdiri dari 938 atlet, 365 ofisial, dan 80 kantor pusat.

Nantinya, para atlet kebanggaan Indonesia akan berlaga di 40 cabang olahraga, 67 disiplin, dan 465 nomor.

Pada Asian Games tahun ini, Indonesia menargetkan minimal dapat 16 medali emas dan masuk 10 besar dari 45 negara kawasan Asia yang terdaftar sebagai peserta.

Untuk mencapai terget itu, KONI dan Kemenpora sudah memetakan 14 cabang olahraga yang potensial meraih medali emas.

Antara lain, angkat besi, atletik, balap sepeda, bowling, bridge, bulu tangkis, dayung, jetski, panahan, panjat tebing, paralayang, pencak silat, taekwondo, dan wushu. (rid/dwi/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Sabtu, 25 Mei 2024
28o
Kurs