Rabu, 24 April 2024

Jokowi dan Keluarga Mengakui Media Massa Berperan Membesarkan Namanya

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden olahraga santai bersama keluarga, Sabtu (8/12/2018), di kawasan Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden dan keluarga mengapresiasi peran media massa yang selama ini banyak memberitakan hingga membesarkan namanya.

Menurut Jokowi, media massa juga seperti sahabat yang mengiringi perjalanan kariernya semasa masih menjabat sebagai Wali Kota Solo.

Pengakuan itu disampaikan Presiden saat berbincang santai bersama puluhan Wartawan Istana Kepresidenan di Restoran Grand Garden, kawasan Kebun Raya Bogor, Sabtu (8/12/2018).

“Saya ini waktu tahun 2004 siapa sih yang kenal? Sebelum jadi wali kota. Atau pas Pilkada pertama wali kota siapa sih yang kenal saya? Enggak ada,” ujar Jokowi.

Presiden menuturkan, mulai dikenal publik sesudah media lokal dan nasional mulai mengangkat berita-berita terkait pekerjaannya waktu menjabat Wali Kota Solo.

“Nah, dari situ dimulai sebetulnya,” imbuh mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Hal senada disampaikan Gibran Rakabuming putra sulung Jokowi. Dia juga memandang media massa sebagai teman-teman yang telah membesarkan namanya dan nama bapaknya.

“Untuk saya, media itu termasuk teman-teman yang membesarkan saya. Jadi, ketika ada berita positif saya terbantu, ketika ada berita negatif pun saya terbantu karena berita negatif itu juga menguntungkan untuk saya. Jadi terima kasih untuk teman-teman media yang hadir di sini,” ucap Gibran.

Gibran lalu menyebutkan usaha yang digelutinya sekarang dalam bidang kuliner, bisa menjadi besar juga berkat peran media. Padahal, martabak cuma makanan ‘kaki lima’ yang bisa banyak dijumpai semua orang.

“Misalnya Markobar, itu kan cuma makanan kaki lima. Itu kalau tidak dibesarkan (diberitakan) teman-teman media, tidak akan jadi apa-apa,” timpalnya.

Lebih lanjut, Gibran mengambil contoh Go-Jek yang juga menjadi besar karena peran media massa. Bahkan, sekarang Go-Jek yang masuk dalam daftar Unicorn ASEAN mengembangkan bisnisnya ke Vietnam.

“Jadi, pekerjaan sekecil apa pun itu kalau ditekuni pasti akan menjadi besar,” tandasnya.

Dalam acara bincang-bincang santai dengan media, selain Gibran, tampak hadir juga Iriana Joko Widodo Ibu Negara, Kahiyang Ayu putri Jokowi, kedua menantu Presiden Selvi Ananda dan Bobby Nasution, serta kedua cucu Presiden Jan Ethes dan Sedah Mirah. (rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
26o
Kurs