Sabtu, 4 Mei 2024

Joni, Bocah Cilik Pemanjat Tiang Bendera Berangkat ke Jakarta

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Yohanis Gama Marschal Lau alias Joni, bocah yang memanjat tiang bendera untuk memperbaiki pengait tali yang macet saat upacara peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI kee-73 di Atambua, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur. Foto: Istimewa

Yohanis Gama Marschal Lau (14), bocah pemanjat tiang bendera dalam upacara HUT Ke-73 RI di Desa Silawan, Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Sabtu (18/8/2018), berangkat ke Jakarta untuk memenuhi undangan pemerintah pusat.

Pelajar Kelas VII SMPN Silawan, yang akrab disapa Joni itu, diberangkatkan melalui Bandara El Tari Kupang menggunakan pesawat Batik sekitar pukul 08.10 Wita bersama kedua orang tuanya.

Ia diantar Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa Danrem 161/Wira Sakti dan Raja Erizman Kapolda NTT Irjen Polisi menuju Bandara El Tari. Selanjutnya, dia didampingi Kapolres dan Dandim Belu menuju Jakarta.

Teguh Muji Angkasa Brigjen TNI pada kesempatan itu memuji keberanian Yohanis memanjat tiang bendera yang talinya terputus ketika upacara berlangsung.

“Ini bukti kesetiaan dan kecintaan kepada NKRI dengan keberanian dan aksi heroiknya sehingga bendera Merah Putih dapat dikibarkan dalam upacara tersebut,” katanya di Kupang, Sabtu (18/8/2018) dilansir dari Antara.

Sebelumnya, video aksi Yohanis memanjat tiang bendera ini menjadi viral di berbagai jejaring media sosial dan menyita perhatian masyarakat maupun pemerintah hingga tingkat pusat.

Akibat aksinya itu, Yohanis pun mendapat banjir pujian dari publik, termasuk Imam Nahrawi Menteri Pemuda dan Olahraga.

“Itu sebuah tekad yang luar biasa. Bagi Joni mungkin itu tidak berbahaya, tetapi itulah tantangan. Joni mengorbankan semuanya demi Merah Putih,” kata Menteri Imam Nahrawi di Jakarta.

Ia mengatakan, pihaknya segera mengundang Joni ke Jakarta dan berjanji mengajak bocah penyelamat pengibaran bendera Merah Putih itu untuk menonton salah satu cabang olahraga Asian Games 2018.(ant/tin)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
31o
Kurs