Senin, 17 Juni 2024

Jual Puluhan Model dan SPG, Freelance Fotografer Jadi Tersangka Prostitusi Via Instagram

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Bobby Rusdiansyah (34) mucikari prostitusi online berhasil diamankan pihak kepolisian, Selasa (18/12/2018). Foto: Baskoro suarasurabaya.net

Seorang freelance fotografer akhirnya ditangkap tim cyber unit resmob Polrestabes Surabaya setelah dua tahun menjadi mucikari di Jawa Timur. Pelaku bernama Bobby Rusdiansyah (34) ini menjual puluhan model dan SPG melalui akun instagram miliknya. Kepada petugas, Bobby mengaku mengenal 50 perempuan itu dari komunitas yang diikutinya dan beberapa kenalan dari teman. Umur perempuan-perempuan itu bervariasi, antara 22-30 tahun.

Tarif perempuan-perempuan ini bervariasi, mulai Rp1 juta hingga Rp2 juta. Setiap sekali transaksi, pelaku mendapatkan keuntungan sekitar Rp500 ribu. Bobby mengaku, dalam sehari bisa mendapat 1-2 pelanggan yang rata-rata berasal dari kalangan pengusaha dan swasta.

Iptu Bima Sakti Kanit Resmob Polrestabes Surabaya mengatakan, untuk memilih perempuan yang diinginkan, daftar perempuan akan dikirim lewat pesan WhatsApp setelah sebelumnya ditanyakan melalui Direct Message (DM) Instagram.

“Pilih foto, deal, ketemuan,” kata Iptu Bima saat konferensi pers di Mapolrestabes Surabaya pada Selasa (18/12/2018).

Praktik prostitusi online ini pertama kali diketahui ketika polisi melakukan patroli cyber dan menemukan akun prostitusi tersebut. Selama dua minggu, polisi melakukan penyelidikan hingga akhirnya berhasil memancing tersangka keluar.

Dari tangan tersangka polisi menyita dua buku tabungan, kartu ATM, empat buah kondom, satu botol pelumas, tiga unit HP, bukti struk hotel, dan kunci akses kamar salah satu hotel.

Atas perbuatannya, tersangka diancam hukuman maksimal 5 tahun penjara sesuai pasal 2 UU RI nomor 21 tahun 2007 tentang tindak pidana perdagangan orang. (bas/dim/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Senin, 17 Juni 2024
30o
Kurs