Sabtu, 21 September 2024

KBS Tetaskan 11 Telor Komodo

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Anakan Komodo di KBS. Foto: Totok/Dok. suarasurabaya.net

11 telor Komodo yang sejak sekitar 7 bulan lalu berada didalam inkubator nursery Kebun Binatang Surabaya (KBS), Sabtu (17/3/2018) dikabarkan menetas menjadi anakan Komodo.

Ke 11 telor Komodo yang kemudian menetas tersebut berasal dari sekitar 28 telor yang ketika dilakukan pemilihan kondisinya tergolong cukup bagus. Dan kemudian akhirnya menetas hanya 11 telor.

Dengan berat rata-rata sekitar 135 gram, anakan Komodo yang masih berada di ruang nursery tersebut mendapat penjagaan serta pemantauan para keeper serta petugas dari bidang kesehatan satwa KBS.

Kehadiran 11 anakan Komodo kali ini tentunya menambah koleksi satwa khususnya Komodo yang dimiliki manajemen Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) Kebun Binatang Surabaya yang sebelumnya sudah memiliki 65 ekor Komodo dengan beragam usia.

“Sekarang total jumlah Komodo kami jadi 76 ekor. Kalau sebelumnya 65 ekor terdiri dari 14 ekor jantan, 10 ekor betina dan sekurangnya 55 ekor masih belum diketahui jenis kelaminnya,” terang Agus Supangkat staf PDTS -KBS, Sabtu (17/3/2018).

Secara khusus ke 11 anakan Komodo yang baru menetas tersebut akan dilakukan hand rearing oleh tim medis satwa KBS. “Selama sekitar 5 bulan mendatang ke 11 anakan Komodo mendapat perawatan khusus,” pungkas Agus.(tok)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Sabtu, 21 September 2024
27o
Kurs