Jumat, 29 Maret 2024

KPK Geledah Kantor Pengacara Fredrich Yunadi

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Fredrich Yunadi pengacara Setya Novanto memberikan keterangan di Gedung KPK, Jakarta Selatan. Foto: Farid suarasurabaya.net

Tim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), melakukan penggeledahan di kantor pengacara Fredrich Yunadi yang ada di kawasan Gandaria, Jakarta Selatan.

Penggeledahan itu adalah tindak lanjut KPK untuk menemukan bukti keterlibatan Fredrich merintangi upaya pengusutan kasus korupsi proyek KTP Elektronik dengan tersangka Setya Novanto.

Febri Diansyah Juru Bicara KPK mengatakan, hari ini ada tim di lapangan melakukan penggeledahan terkait penyidikan Fredrich atas dugaan obstruction of justice.

“Benar, ada tim KPK yang bergerak di lapangan terkait penyidikan FY. Sampai sekarang (penggeledahan) masih berlangsung,” ujarnya melalui pesan singkat, Kamis (11/1/2018).

Seperti diketahui, Rabu (10/1/2018), KPK mengumumkan penetapan status Fredrich Yunadi dan Dokter Bimanesh Sutarjo yang menangani Setya Novanto pascamengalami kecelakaan mobil, sebagai tersangka.

Fredrich dan Bimanesh diduga bekerja sama memasukkan Setya Novanto ke RS Medika Permata Hijau untuk rawat inap, dengan data medis yang diduga hasil manipulasi.

Skenario rawat inap itu dijalankan, Kamis (16/11/2017) malam, supaya Novanto yang waktu itu masih menjabat Ketua DPR punya alasan kuat menghindari panggilan dan pemeriksaan Penyidik KPK.

Atas perbuatannya, Fredrich dan Bimanesh disangkakan melanggar Pasal 21 Undang-Undang tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP, dengan ancaman hukuman paling singkat tiga tahun penjara, dan maksimal 12 tahun penjara. (rid/bid/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
25o
Kurs