Selasa, 28 Mei 2024

Kader Lingkungan Berkostum Daur Ulang Ajak Warga Kampung Arjobar Berkendara Aman

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Penampilan kader lingkungan Kampung Arjobar di Jojoran Baru, Surabaya, Minggu (21/10/2018). Foto: Baskoro suarasurabaya.net

Puluhan kader lingkungan Kampung Arjobar di Jojoran Baru, Surabaya, Minggu (21/10/2018) pagi, mengajak warga berkendara aman dan cinta lingkungan di gelaran roadshow Honda Safety Riding Kelana Kota Surabaya 2018.

Memakai kostum yang terbuat dari bahan daur ulang, seperti botol bekas dan karung goni, mereka bernyanyi dan berjoged bersama. Dalam nyanyiannya, mereka mengajak warga untuk sadar, pentingnya berkendara aman. Tak hanya itu, sebagai kader lingkungan, mereka juga mengajak warga untuk tidak membuang sampah sembarangan. Karena lokasi kampung yang dekat sungai, mereka juga mengingatkan warga untuk menjaga kebersihan sungai.

Kader lingkungan ini, tak hanya terampil membuat kostum dari bahan daur ulang, tapi juga ahli membuat lagu sendiri. Lagunya pun berisi imbauan keselamatan berkendara, dalam bahasa jawa.

Dian Adi Nugroho, Agen Keselamatan Berkendara kampung Arjobar menyebut, kampung mereka memang dikenal dengan kampung daur ulang. Warga diajak untuk ikut menjaga lingkungan dengan sistem tabungan sampah. Tabungan sampah ini nantinya, akan dikumpulkan dan di daur ulang.

Menariknya, menjelang penampilan dari kader lingkungan selesai, terdengar suara motor yang mendekat. Semua warga kampung yang awalnya fokus, melihat penampilan kader lingkungan, terlihat celingak-celinguk mencari sumber suara.

Lalu, dari arah dalam kampung, tiba-tiba muncul seorang lelaki membonceng perempuan sambil mengendarai motor sport honda. Sontak, kedatangan pengendara motor sport honda ini, disambut meriah dan tepukan tangan.

Para kader lingkungan ini pun, mengerubungi motor sport honda itu dan melemparkan parikan khas Surabaya. Salah satunya, kawan, “Nang juanda langsung jakarta, Seng numpak Honda Cantik jelita”. Pengendara motor sport Honda yang memakai perlengkapan berkendara lengkap ini, lalu dijadikan contoh bagaimana berkendara aman di jalan.

Di roadshow hari ini, puluhan warga juga mendapat penyuluhan dari pihak Dishub Surabaya dan Satlantas Polrestabes Surabaya.

Roadshow ini adalah bagian dari rangkaian Honda Safety Riding Kelana Kota Surabaya yang diadakan di 15 kampung di Surabaya.(bas/iss)

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Selasa, 28 Mei 2024
33o
Kurs