Kamis, 28 Maret 2024
Info Mudik

Kadishub Klaim Mudik Bareng Gratis Pemrov Jatim Terbanyak di Dunia

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Pemberangkatan mudik gratis oleh Prof Djoko Santoso Wakil Rektor I Unair di halaman Gedung Rektorat Unair Surabaya, Sabtu (9/6/2018). Foto: Humas Unair

Wahid Wahyudi Kepala Dinas Perhubungan Jawa Timur mengklaim program mudik bareng gratis yang digelar Pemerintah Provinsi setempat pada tahun 2018, merupakan yang terbanyak di dunia dengan menyediakan 208.203 kursi.

“Program ini rutin, tapi tahun ini terbanyak dan melayani mudik menggunakan bus, kapal laut, dan kereta api,” ujarnya kepada wartawan di Surabaya, Selasa (12/6/2018).

Melalui program mudik bareng gratis ini, kata dia, masyarakat Jatim bisa merasakan pulang ke kampung halaman lebih banyak. Termasuk melayani berbagai berbagai rute, bahkan hingga rute di kepulauan terpencil.

Ia mencontohkan, tahun ini disediakan 560 armada bus yang jumlah seatnya sudah 98 persen terisi, termasuk ketersediaan armada dari perusahaan-perusahaan swasta, kampus-kampus. Sehingga total ada 926 armada bus yang disiapkan.

Antara melansir, Pemprov Jatim menyediakan mudik gratis dengan kereta api berbagai jurusan. Seperti Surabaya-Kertosono, Surabaya-Kertosono-Blitar, Surabaya-Malang, Surabaya-Malang-Blitar, Sidoarjo-Bojonegoro, Malang-Banyuwangi dan Surabaya-Banyuwangi.

Kemudian, juga ada mudik gratis dengan kapal laut bagi masyarakat di kepulauan. Rute kapal laut tahun ini tercatat lebih banyak dibandingkan tahun lalu, Dari yang mulanya tiga tujuan menjadi lima tujuan.

Rutenya yaitu Gresik-Pulau Bawean, Surabaya-Masalembo, Pulau Kangean-Kalianget, Pulau Ra’as-Jangkar-Sapudi, dan Banyuwangi-Pulau Sapeken.

Menurutnya, masyarakat kepulauan juga menjadi perhatian. Jika tidak disiapkan oleh pemerintah, maka mereka hanya bisa tujuh hari sekali untuk ketemu kapal.

“Dengan adanya program ini, masyarakat bisa bertemu kapal dalam dua hari sekali. Jadi kami yakin bisa mengakomodasi masyarakat Jatim yang ingin berlebaran,” ucapnya.

Sementara itu, Bambang Haryo anggota Komisi V DPR RI juga mengakui bahwa jumlah pemudik gratis yang diberangkatkan Pemprov Jatim adalah sebuah catatan positif. Bahkan mengalahkan program serupa milik Pemerintah Pusat.

“Ini sebuah rekor yang mengalahkan nasional yang menyediakan 80 ribu kursi, sedangkan di Jatim mencapai 208.203 kursi. Ini sangat luar biasa,” katanya.(ant/tna/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
28o
Kurs