Kamis, 2 Mei 2024

Kapolda Jatim Berharap Nantinya Posisi Kapolda Bisa Diisi Polwan

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Irjen Pol Machfud Arifin Kapolda Jatim saat diwawancarai setelah upacara ulang tahun Polwan Ke 70 di lapangan apel Mapolda Jatim Surabaya, Rabu (5/9/2018). Foto: Baskoro suarasurabaya.net

Irjen Pol Machfud Arifin Kapolda Jatim berharap, suatu ketika Polwan bisa menduduki jabatan Kapolda seperti dirinya. Ini dikatakan Irjen Pol Machfud setelah memimpin upacara hari ulang tahun Polwan ke-70 di lapangan apel Mapolda Jatim Surabaya, Rabu (5/9/2018).

Menurut Irjen Pol Machfud, banyak prestasi yang telah dicapai oleh polwan sehingga sangat layak mendapat apresiasi.

“Jika tidak menjabat Kapolda, setidaknya polwan bisa menjabat di posisi Wakapolda,” ujarnya.

Selain dua posisi tersebut, ia juga berharap kedepannya Polres-Polres di Jawa Timur juga dapat dijabat oleh polwan.

Ditanya tentang penerimaan polwan di lingkup Polda Jatim, ia mengaku saat ini memang masih relatif rendah. Ini juga sangat tergantung penerimaan dari Mabes Polri.

Terkait tema hari ulang tahun polwan yang mengangkat kesiapan polwan di tahun politik, Irjen Pol Machfud juga menyatakan bahwa posisi tugas polisi wanita dan laki-laki adalah sama.

“Dalam prinsip kesetaraan gender, polwan juga harus mampu menjalankan tugas yang sama dengan polisi laki-laki,” kata Irjen Pol Machfud.


Foto bersama Kapolda Jatim, Wakapolda Jatim dan Gubernur Jatim terpilih beserta jajaran. Foto: Baskoro suarasurabaya.net

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim Terpilih yang juga hadir dalam acara hari ulang tahun polwan ke-70, turut menyampaikan ucapan selamatnya kepada para polisi wanita.

Ia turut menceritakan, dirinya telah sejak lama bekerja sama dengan polwan dalam mendorong perlindungan perempuan dan anak.

Ia bercerita, sejak tahun 2000, ia telah bekerjasama dengan purnawirawan polwan untuk menginisiasi tempat pelayanan perempuan dan anak (TPPA). Waktu itu ia memulai TPPA dari Polda Metro Jaya dan pada akhirnya, selesai pemerintahan Abdurahman Wahid telah berdiri 19 mapolda yang sudah memiliki TPPA.(bas/tin/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
26o
Kurs