Sabtu, 20 April 2024

Kekuatan Vitamin D3 Perbaiki Kerusakan Sistem Kardiovaskular

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Pengobatan menggunakan vitamin D3 bisa membantu mengembalikan sistem kardiovaskular yang rusak, menurut sebuah studi dalam International Journal of Nanomedicine.

Vitamin D3 secara alami diproduksi saat kulit terkena sinar matahari.

Beberapa penyakit, termasuk tekanan darah tinggi, penumpukan lemak, kolesterol di dalam dan di dinding arteri, dan diabetes, dapat menyebabkan kerusakan pada sistem kardiovaskular sehingga meningkatkan risiko serangan jantung.

Namun, dengan mengonsumsi Vitamin D3 pada dosis yang lebih tinggi yang saat ini digunakan untuk pengobatan penyakit tulang bisa juga bermanfaat untuk pengobatan sistem kardiovaskular disfungsional.

“Umumnya, vitamin D3 dikaitkan dengan tulang. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, orang-orang menyadari bahwa banyak pasien yang mengalami serangan jantung bisa kekurangan D3. Ini tidak berarti bahwa kekurangan tersebut menyebabkan serangan jantung, namun meningkatkan risiko serangan jantung, ” kata Tadeusz Malinski mahasiswa pascasarjana dari Universitas Ohio seperti dilansir Antara.

Dalam sebuah studi, tim peneliti menggunakan nanosensor, yang berukuran sekitar 1.000 kali lebih kecil dari pada rambut manusia, untuk melacak dampak Vitamin D3 pada sel endotel tunggal – komponen peraturan penting dari sistem kardiovaskular.

“Tidak banyak, jika ada, sistem yang diketahui yang dapat digunakan untuk mengembalikan sel endotel kardiovaskular yang sudah rusak, dan Vitamin D3 dapat melakukannya,” kata Malinski.

“Ini adalah solusi yang sangat murah untuk memperbaiki sistem kardiovaskular. Kita tidak perlu mengembangkan obat baru. Kita sudah memilikinya, ” sambung dia.

Vitamin D3 mungkin juga penting secara klinis dalam pemulihan disfungsi jantung setelah serangan jantung, endotelium kapiler setelah iskemia otak (stroke), hipovolemia, vaskulopati, diabetes dan aterosklerosis. Demikian seperti dilansir laman Indian Express. (ant/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
32o
Kurs