Kamis, 16 Mei 2024

Kelola Kemahasiswaan dengan Baik, Unair Dapat Penghargaan Kemenristekdikti

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Kemenristekdikti Ditjen Belmawa memberikan anugerah kepada Unair atas prestasi dalam hal kemahasiswaan, Jumat (14/12/2018), bertempat di Gedung D Lantai 2 Kemenristekdikti, Jakarta. Foto: PIH Unair

Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen Belmawa) memberikan anugerah kepada Universitas Airlangga (Unair) Surabaya atas prestasinya di bidang pengelolaan kemahasiswaan.

Ada empat komponen penilaian oleh Kemenristekdikti. Pertama, pengelolaan organisasi mahasiswa, meliputi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Badan Legislatif Mahasiswa (BLM), Dewan Legislatif Mahasiswa (DLM), Majelis Perwakilan Mahasiswa (MPM), dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Kedua, tentang kondusifitas dinamika kemahasiswaan.

“Sering demo apa tidak, misalnya. Artinya, mampu menjaga kondusifitas mahasiswa di lingkungan kampus,” kata Hadi Subhan, Direktur Kemahasiswaan Unair dalam keterangan pers yang diterima suarasurabaya.net, Minggu (16/12/2018).

Komponen penilaian lainnya adalah pengelolaan kegiatan kemahasiswaan. Sebagai contoh, keikutsertaan mahasiswa Unair dalam lomba-lomba yang diselenggarakan perguruan tinggi di Indonesia juga kegiatan-kegiatan kemahasiswaan yang digagas mahasiswa UNAIR sendiri.

Hadi mengklaim, manajemen kegiatan kemahasiswaan di Unair memang dikelola dengan baik. Saat peninjauan Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) beberapa waktu lalu, Hadi mengatakan, Unair adalah satu-satunya perguruan tinggi yang memiliki kegiatan kemahasiswaan terpusat dan terorganisir.

“UKM kita ada 42 UKM. Waktu APT meninjau, UNAIR satu-satunya perguruan tinggi yang punya kegiatan terpusat dan terorganisir. Yaitu di student center,” ujar Hadi. “Keterbukaan dan dialog terus menerus juga dilakukan dengan kemahasiswaan. Sehingga ketika ada masalah, jalan tidak buntu. Kami fasilitasi jalur komunikasinya.”

Penghargaan perguruan tinggi terbaik Pengelola Kemahasiswaan kategori nonlomba diterima perwakilan Unair di Gedung D Lantai 2 Kemenristekdikti, Jakarta, Jumat malam (14/12/2018) lalu. Unair menjadi perguruan tinggi terbaik pertama mengalahkan Universitas Telkom (Terbaik 2) dan Institut Teknologi Bandung (Terbaik 3).

Penghargaan Kemristekdikti ini, kata Hadi, dia harapkan dapat terus meningkatkan pelayanan yang diberikan UNAIR kepada mahasiswa. Melalui pelayanan yang baik, prestasi mahasiswa semakin baik sekaligus juga mendukung Unair menuju World Class University.

Galuh Teja Sakti Ketua BEM UNAIR berharap, Direktorat Kemahasiswaan Unair bisa terus mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan yang berorientasi pada mahasiswa. “Semoga kedepan, dirmawa (Direktorat Kemahasiswaan, red) semakin mengakomodir minat, bakat, dan prestasi mahasiswa Unair sehingga bukan tidak mungkin capaian-capaian lain akan kita raih,” papar Teja.(tin/den)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 16 Mei 2024
29o
Kurs