Kamis, 25 April 2024

Kemendes Berharap Desa Dilengkapi Fasilitas Perpustakaan

Laporan oleh Pratino Aditya Tama
Bagikan
Ilustrasi, perpustakaan desa. Foto: ikiwonosobomas.com

Keberadaan fasilitas pusat belajar masyarakat dan pendidikan anak usia dini di desa dan daerah tertinggal perlu didukung dengan fasilitas perpustakaan, kata salah satu pejabat Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

“Kebutuhan perpustakaan juga sangat penting selain aspek kesehatan, ekonomi dan infrastruktur,” kata Priono Direktur Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi dalam jumpa pers di Perpustakaan Nasional, Jakarta, Jumat (23/3/2018).

Priono mengatakan penyediaan sarana prasarana pustaka sangat penting bagi pendidikan. Apalagi di daerah terdepan, terluar dan tertinggal telah dibangun beberapa fasilitas pendidikan masyarakat dan anak usia dini.

Karena itu, Priono berharap Rapat Koordinasi Nasional Perpustakaan dapat menyelaraskan program-program yang bisa disinergikan dalam mewujudkan perpustakaan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, termasuk masyarakat desa.

“Kami berharap kehadiran perpustakaan di desa juga bisa memberdayakan masyarakat secara ekonomi,” ujarnya seperti dilansir Antara.

Rapat Koordinasi Nasional Perpustakaan akan dilaksanakan di Jakarta pada Senin (26/3/2018) hingga Rabu (28/3/2018).

Muhammad Syarif Bando Kepala Perpustakaan Nasional mengatakan rapat koordinasi tersebut juga akan mengundang perwakilan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

“Menurut Kementerian, masyarakat di pedesaan dan daerah terdepan, terluar dan tertinggal sangat haus akan bacaan mulai dari majalah hingga buku-buku,” katanya. (ant/ino/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
28o
Kurs