Minggu, 5 Mei 2024

Kemenpar Apresiasi 10 Event Seni Budaya Jawa Timur

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Eksotika Bromo 2017 di lautan pasir Gunung Bromo. Foto: Totok/Dok. suarasurabaya.net

Kementerian Pariwisata Republik Indonesia melalui tim kuratornya memilih sekaligus mengapresiasi kepada 10 event seni budaya yang diselenggarakan dan digelar di Jawa Timur.

Ke 10 event seni dan budaya tersebut adalah: Jember Fashion Carnaval, Banyuwangi Etno Carnival, Yadnya Kasada dan Eksotika Bromo, Malang Flower Carnival, Kemilau Madura, Pasar Seni Lukis Indonesia, Gandrung Sewu, International Tour de Banyuwangi Ijen, Festival Keraton Nusantara serta Festival Malang Kota Tua.

“Tentunya ini sangat di luar dugaan dan ekspektasi kami. Jawa Timur memang punya cukup banyak event dan kegiatan seni budaya yang dikelola dan didukung Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur, dan kalau ada 10 event yang diapresiasi Kemenpar RI, ini sangat luar biasa,” terang Jarianto Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata provinsi Jawa Timur, Sabtu (20/1/2018).

Lebih lanjut Jarianto mengingatkan bahwa event seni dan budaya yang digelar di sejumlah kabupaten kota tersebut selain ingin melestarikan seni budaya juga diharapkan mampu memberikan nilai positif bagi masyarakat sekitarnya dibidang ekonomi.

“Harapan kami memang ketika kabupaten kota di Jawa Timur menggelar sebuah kegiatan seni budaya, maka perekonomian di sekitar penyelenggaraan even terangkat. Pagelaran seni budaya sekaligus mengangkat perekonomian masyarakatnya,” tegas jarianto.

Di tahun 2018 ini, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur menggelar event unggulan serta memberikan dukungan atas penyelenggaraan event yang diunggulkan sejumlah Kabupaten Kota yang dirangkum dalam Top 50 Event Jawa Timur.

Setiap kabupaten kota nantinya diwakili oleh event unggulan yang dipilih dengan kriteria diantaranya, unik, berskala nasional dan internasional, serta rutin dilaksanakan. “Kriteria itu telah kami sampaikan kepada masing-masing kabupaten kota di Jawa Timur,” kata Jarianto, di pendopo Taman Budaya Jawa Timur.(tok/bid)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
28o
Kurs