Kamis, 2 Mei 2024

Kemenpar Resmi Luncurkan Paket Wisata Wonderful Journey di Washington

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menawarkan paket wisata Wonderful Journey Packages saat pelaksanaan Spring Meeting IMF-WBG 2018 yang berlangsung di Markas Besar Bank Dunia di Washington DC, Amerika Serikat (AS) pada 16-22 April 2018. Foto: Humas Kemenpar

Kementerian Pariwisata menawarkan paket perjalanan luar biasa atau Wonderful Journey Packages saat pelaksanaan pertemuan musim semi Dana Moneter Internasional-Kelompok Bank Dunia 2018 (Spring Meeting IMF-WBG) yang berlangsung di Markas Besar Bank Dunia di Washington DC, Amerika Serikat (AS), pada 16-22 April 2018.

“Kita sengaja tampilkan demo membatik, karena batik nantinya akan menjadi official dress pada event Annual Meetings International Monetary Fund-World Bank Group (AM IMF-WBG) yang akan berlangsung di Nusa Dua Bali pada 8–14 Oktober 2018,” demikian penjelasan Nia Niscaya Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (19/4/2018).

Antara melansir, pemimpin Delegasi Indonesia untuk Wonderful Journey Packages itu mengatakan, Kemenpar mengajukan konsep promosi dan penjualan langsung paket wisata. Pengajuan itu dilontarkan pada acara pertemuan Spring Meeting IMF-WBG 2018 di Washington DC. Konsep promosi yang diajukan Kemenpar melibatkan operator perjalanan turisme sekalihus atraksi demo batik sekaligus menyajikan pojok kopi atau coffee corner khas Indonesia.

Kemenpar bekerja sama dengan perusahaan biro perjalanan wisata yang tergabung dalam Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies atau ASITA guna melayani para peminat Wonderful Journey Packages.

Promosi dan penjualan Wonderful Journey Packages yang dilakukan dalam gerai Wonderful Indonesia. Dalam pertemuan musim semi IMF-World Bank 2018, Kemenpar juga bekerja sama dengan Panitia Nasional dari Kementerian Keuangan selaku koordinator Sidang Tahunan IMF-WBG 2018 di Nusa Dua, Bali.

Menyambut momentum acara AM IMF-WBG 2018 di Nusa Dua Bali Oktober mendatang, menurut Nia, Kemenpar bersama pemangku kepentingan pariwisata telah menyiapkan lebih dari 60 paket wisata di tujuh daerah tujuan unggulan di Indonesia. Beberapa destinasi tersebut antara lain Bali, Lombok, Yogyakarta, Banyuwangi, Toba, Tana Toraja, Komodo-Flores dan Sumba yang dikemas dalam Wonderful Journey Packages.

Paket perjalanan luar biasa yang dijual kepada para peserta AM IMF-WBG 2018 diharapkan akan membuat mereka lebih lama di Indonesia. Terlebih setelah mengingkuti pertemuan IMF-WB sekaligus mempromosikan keragaman budaya dan keindahan alam Indonesia.

“Ini juga merupakan sebuah upaya untuk menangkap peluang promosi pariwisata Indonesia kepada segmen pasar MICE. Oleh karena itu, kami sangat serius untuk mempromosikan penjualan paket wisata Wonderful Journey Packages sejak Oktober 2017 berlanjut hingga April tahun ini dengan kembali melakukan penjualan saat pelaksanaan Spring Meeting IMF-WBG 2018,” kata Nia, terkait bisnis Meeting, Incentive, Convention, dan Exhibition/Event (MICE).

Selain melakukan penjualan paket wisata luar biasa, Kemenpar juga meningkatkan kesadaran publik internasional mengenai 60 lebih paket wisata yang bisa dinikmati pada delegasi selepas acara AM IMF-WBG 2018.

Hal itu dilakukan melalui visualisasi tujuh daerah tujuah wisata yang dipromosikan dalam keramaian di Washington DC, seperti di Dupont Circle dan Foggy Bottom Station dengan memanfaatkan puluhan unit smart digital liveboards dan publikasi di Washington Post selama pertemuan musim semi IMF-WBG berlangsung.

Kemenpar juga menyiagakan pesanan dalam jaringan berinternet (online booking) paket wisata melalui laman http://indonesia.travel/ampackages.

Pertemuan keuangan tahunan terbesar dunia yang diselenggarakan Dewan Gubernur International Monetary Fund (IMF) dan World Bank Group (WBG) dalam AM IMF-WBG 2018 pada Oktober di Bali akan dihadiri sebanyak 15.000 delegasi anggota IMF-WBG dari 189 negara. (ant/tna/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
28o
Kurs