Kamis, 25 April 2024

Kemensos Turunkan Tim Psikososial untuk Tangani Traumatik Pengungsi Gempa

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Sejumlah anak bernyanyi bersama dengan relawan di tempat penampungan pengungsi korban gempa bumi di Pemenang, Lombok Utara, Lombok Utara, NTB, Selasa (7/8/2018). Foto: Antara

Kementerian Sosial telah menurunkan tim layanan psikososial termasuk layanan bergerak untuk menjangkau lokasi pengungsian sebagai upaya pemulihan trauma anak-anak korban gempa bumi di Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

“Kita sudah aktifkan Pondok Anak Ceria di satu titik yaitu di posko induk di Desa Tanjung Kecamatan Tanjung. Di tempat lain karena situasi masih labil kita gunakan layanan bergerak,” kata Direktur Rehabilitasi Sosial Anak Kementerian Sosial, Nahar di Jakarta, Senin (13/8/2018).

Ia menjelaskan diturunkannya tim layanan bergerak ke titik-titik pengungsian, selain memberikan layanan psikososial kepada para korban, juga untuk mengidentifikasi masalah-masalah yang ada di pengungsian.

Lebih lanjut dia mengatakan, permasalahan utama anak-anak korban bencana tersebut adalah mereka tidak bisa sekolah. Ini dikarenakan sebagian besar bangunan sekolah di daerah itu rusak akibat gempa 7,0 Skala Richter yang mengguncang wilayah Lombok dan sekitarnya pada Minggu (5/8/2018).

Akibat bencana tersebut, anak-anak juga ketakutan dan masih mengalami trauma.

Melalui Pondok Anak Ceria dan layanan bergeraknya, tim berupaya memulihkan trauma anak-anak lewat belajar sambil bermain, bercerita dan berbagai kegiatan lainnya.

“Jadi aktivitas yang kita berikan itu untuk menormalisasi tekanan dengan cara bermain, didampingi belajar dan kegiatan lainnya,” katanya dilansir Antara.

Dilihat dari kerusakan yang cukup parah baik secara materi maupun psikologis, menurut dia butuh waktu yang cukup lama untuk pulih terutama bagi kejiwaan anak-anak agar tidak mengalami trauma.

“Dari tingkat kerusakannya, enam bulan ini masih terus didampingi karena sebagian wilayah rata. Kemensos masih akan terus mendampingi untuk layanan psikososial selama dibutuhkan,” tambah Nahar.

Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), korban gempa Lombok hingga Minggu (12/8), tercatat 392 orang meninggal dunia, 1.353 orang luka-luka, 387.067 orang mengungsi, 67.875 unit rumah rusak, 606 sekolah rusak, dan kerusakan lain.(ant/tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs