Sabtu, 28 November 2020

Kementerian Agama Buka Akses Bank Data Riset Keagamaan

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi, layanan Ministry of Religious Affair Bank of Article (MORABASe). Foto: Morabase dev

Kementerian Agama menyediakan layanan Ministry of Religious Affair Bank of Article (MORABASe) dan Ministry of Religious Affair References (MORAREF) bagi warga yang ingin mengakses artikel dan referensi terkait riset keagamaan.

Lukman Hakim Saifuddin Menteri Agama berharap kedua aplikasi yang diluncurkan bersamaan dengan pembukaan The 3rd International Conference on University-Community Engagement 2018 (ICON UCE) di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Kota Malang pada Senin (8/10/2018) itu bisa mendukung pengembangan penelitian bidang keagamaan.

“Ini harus terus dinamis, tidak boleh statis. Ini tidak sebatas hal-hal yang dilakukan oleh civitas akademika di Indonesia saja, tetapi harus dibuka secara internasional,” kata Lukman, seperti dilansir Antara.

MORABASe dan MORAREF, ia menjelaskan, memberikan akses kepada siapa pun yang ingin mendapatkan informasi mengenai hasil-hasil penelitian dan kajian yang sudah dipublikasikan.

Inovasi layanan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama itu mencakup penyediaan layanan mengakses hasil riset yang sudah dipublikasikan.

MORABASe merupakan aplikasi yang bisa mempertemukan dosen, peneliti, dan penulis yang ingin mengirim tulisan dan hasil riset ke jurnal.

Sementara MORAREF merupakan portal akademik yang dikelola oleh Asosiasi Pengelola Jurnal, Penerbit Universitas, dan Lembaga Penelitian di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI).

Kedua sistem tersebut juga diharapkan dapat mendukung peningkatan kompetensi dosen dan akreditasi perguruan tinggi keagamaan Islam.(ant/iss/ipg)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Kemacetan di Perak Barat

Kecelakaan di Simpang Empat Mertex Mojokerto

Truk Trailer Mogok di Flyover Trosobo

Proses Pencarian Korban Tenggelam di Taman Sidoarjo

Surabaya
Sabtu, 28 November 2020
32o
Kurs