Rabu, 24 April 2024
Roadshow Honda Safety Riding Kelana Kota Surabaya 2018

Keseruan Tebak Rambu Lalu Lintas di Kampung Kembang Kuning

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Beberapa anak tengah asyik bermain tebak rambu-rambu lalulintas sebagai pembelajaran Safety Riding di Kampung Kembang Kuning Surabaya, Sabtu (3/11/2018). Foto: Baskoro suarasurabaya.net

Ada cara kreatif dan edukatif yang dilakukan Agent Keselamatan Berkendara Kampung Kembang Kuning I Surabaya untuk mengajarkan tertib berlalu-lintas sejak usia dini. Melalui permainan seru, puluhan anak kecil di kampung ini diajarkan mengetahui berbagai rambu-rambu lalu lintas di Jalan Raya.

Peraturannya pun mudah dipahami. Panitia sudah menyiapkan beberapa contoh rambu-rambu lalu lintas di sebuah meja. Dua anak kecil sudah bersiap di ujung jalan, dan seorang pemandu acara akan memberi petunjuk rambu mana yang harus diambil. Setelah itu, mereka akan berlari ke tumpukan rambu-rambu untuk mencari tanda yang tepat.

Lomba ini menjadi bagian dari Roadshow Honda Safety Riding Kelana Kota Surabaya 2018 di kampung Kembang Kuning I, Surabaya, Sabtu (3/11/2018). Suratno Agent Keselamatan Berkendara Kampung Kembang Kuning I menyebut, lomba ini adalah bagian dari pengenalan tertiba berlalu-lintas mulai usia dini.

“Anak kecil banyak yang belum tau. Banyak anak sekolah yang sudah naik sepeda motor,” kata Suratno.

Ia berharap, anak-anak kecil yang mengikuti lomba ini bisa memahami fungsi dari masing-masing rambu-rambu lalulintas yang ada. Ia juga berharap, persoalan ini bisa terus disosialisasikan di sekolah-sekolah. ia mengimbau, bagi anak usia dibawah umur agar tidak mengendarai kendaraan sebelum waktunya.

Ia menyebut, kadang orang tua mengijinkan anaknya naik motor sendiri ke sekolah karena kesibukannya.

“Kasian sebenarnya. Kadang sibuk kan. Sekarang sih agak mudah ya, ada ojek online,” kata Suratno.

Roadshow ini adalah bagian dari rangkaian Roadshow Honda Safety Riding Kelana Kota Surabaya yang diadakan di 15 kampung di Kota Surabaya. (bas)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
26o
Kurs