Rabu, 15 Mei 2024

Kirimkan Bantuan untuk Palu, Pesawat Rombongan Kemenkumham Sempat Tertahan di Makassar

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Rombongan Kemenkumham sempat tertahan di Makassar saat mengirimkan bantuan untuk korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah, Senin (1/10/2018). Foto: Istimewa

Rombongan Kemenkumham sempat tertahan di Makassar saat mengirimkan bantuan untuk korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah, Senin (1/10/2018).

Wisnu Nugroho Dewanto Kadiv Administrasi Kanwil Kemenkumham Jatim yang juga ikut bersama rombongan mengatakan, pesawat Hercules yang mereka gunakan mengalami kerusakan.

Sehingga, pesawat tidak memungkinkan untuk terbang. Para rombongan terpaksa bermalam di Makassar dan menunggu sampai pesawat selesai diperbaiki.

“Kita disarankan untuk menunda penerbangan karena kondisi pesawat yang belum siap terbang,” kata Wisnu melalui sambungan telepon, Selasa (2/10/2018).

Wisnu mengatakan, kerusakan pada beberapa bagian pesawat, tidak membuat semangat timnya luntur. Dia bersama timnya, sempat berencana apabila pesawat tidak bisa beroperasi, mereka akan mencari alat transportasi alternatif dan menggunakan jalur darat, agar bisa menjangkau lokasi bencana.

Namun, setelah beberapa jam berupaya untuk memperbaiki pesawat, akhirnya rombongan Kemenkumham bisa melanjutkan perjalanannya. Pesawat sudah bisa beroperasi dan mereka tiba di Sulawesi Tengah pada pukul 06.00 WIB.

“Bantuan ini sangat dibutuhkan, kami harus segera sampai agar bisa segera dimanfaatkan,” lanjut Wisnu.

Sementara itu, Susy Susilawati Kakanwil Kemenkumham Jatim mengungkapkan pihaknya masih akan terus mengumpulkan dana untuk korban bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah. Saat ini, tim sedang mengumpulkan bantuan, baik berupa uang tunai maupun logistik.

“Saya sudah perintahkan seluruh UPT agar menggalang dana untuk membantu saudara-saudara kita di Sulawesi Tengah,” kata dia. (ang/dwi/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 15 Mei 2024
25o
Kurs