Rabu, 24 April 2024

Kongres ke-14 IPI, Jawa Timur Jadi Tuan Rumah

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi. Aktivitas di perpustakaan Universitas Surabaya (Ubaya) dengan sekitar 55.000 judul buku. Mahasiswa memanfaatkannya sebagai acuan literasi. Foto: Totok suarasurabaya.net

Kongres Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) yang dilaksanakan dalam kurun waktu empat tahun sekali, kini memasuki gelarannya yang ke-14, dan Provinsi Jawa Timur terpilih menjadi tuan rumah penyelenggara.

Tidak hanya kongres, kegiatan yang digelar sebagai salah satu upaya Pustakawan untuk menambah wawasan dan memantapkan kompetensinya sebagai penyedia informasi ini juga menggelar Seminar Ilmiah Tahun 2018 .

Seluruh rangkaian kegiatan ini akan digelar pada hari Selasa, 9 Oktober 2018 hingga Jumat, 12 Oktober 2018 dengan bertempat di Hotel Bumi, Jalan Jendral Basuki Rahmat 106-128, Surabaya.

Peserta Kongres IPI terdiri dari Pengurus Pusat, Pengurus Daerah IPI Dewan Pembina dan Peninjau yang akan menetapkan perubahan AD/ART dan kode etik, program kerja serta memilih Ketua Umum untuk masa jabatan tiga tahun ke depan mengingat Dedi Junaedi Ketua IPI sudah menduduki jabatan selama dua periode.

Sedangkan peserta Seminar Ilmiah yang mengambil tema “Transformasi Pustakawan dalam Mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan” terdiri dari komponen Pengurus Pusat, Pengurus Daerah Provinsi/Kabupaten/kota, Pustakawan, Mahasiswa, Pemerhati kepustakawanan dan Masyarakat umum.

Dalam Seminar Ilmiah ini akan menghadirkan pembicara diantaranya :
1. Christine Mackenzie, President-Internasional Federation Of Library associations (IFLA)
2. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menyampaikan materi “Impassing Jabatan Pungsional Pustakawan dan Formasi JFP”
3. Kementerian Bappenas RI menyampaikan materi “Kebijakan Program Pembangunan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial”
4. Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi RI dengan materi “Implementasi Pembangunan Perpustakaan Desa berbasis Inklusi Sosial”
5. Najwa Shihab (Duta Baca Indonesia) akan menyampaikan materi “Membaca dalam meningkatkan Kompetensi”
6. Dr. (HC) Ir. Tri Rismaharini, MT (Walikota Surabaya) dengan materi “Surabaya Smart Library
7. Peran Indonesia One Search (IOS) mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) oleh Ismail Fahmi, PhD.
8. Perpustakaan Perguruan Tinggi “Layanan Open Journal System (OJS) Sinta melalui Kemenristekdikti”
9. Pustakawan Berprestasi Tahun 2018
10. 12 Makalah terpilih dari Call of Papers.

Selama kegiatan Kongres dan Seminar Ilmiah, di tempat yang sama diselenggarakan pula Pameran Perpustakaan, Klinik Bidang Kepustakawanan, Demo Produk TIK, dan Pameran Produk Lokal.

Selain itu, seperti dalam siaran pers IPI yang diterima suarasurabaya.net, Jumat (5/10/2018), peserta kongres nantinya juga akan diajak berwisata kota di Surabaya, diantaranya di Tugu Pahlawan, Monumen Surabaya, Grand City, dan Taman Bungkul. Panitia juga memfasilitasi peserta untuk mengadakan kunjungan kerja ke beberapa perpustakaan di Kota Surabaya.

Dengan diadakannya kegiatan ini, diharapkan mampu meningkatkan profesionalisme dan kompetensi pustakawan Indonesia sehingga mampu memberikan layanan prima, dan sekaligus sebagai upaya memperkuat jaringan dan kerja sama Pustakawan Indonesia dengan berbagi pengalaman dan pengetahuan. (nin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
29o
Kurs