Kamis, 9 Mei 2024

Korps Marinir Siapkan Prajuritnya Jaga Pulau Terluar RI

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Asops Danpasmar-1 Kolonel Marinir Nanang Saefullah (kanan) saat memeriksa kesiapan prajurit Marinir yang akan menjaga pulau terluar Republik Indonesia. Foto: Dispen Kormar

Korps Marinir siapkan prajuritnya laksanakan penugasan di Ambalat dan Pulau Terluar wilayah Timur Indonesia, demi keutuhan dan kesatuan NKRI.

Kesiapan prajurit Korps Marinir dari Pasmar-1 yang tergabung dalam Satgasmar Ambalat XXIII dan Pulau Terluar XXI ditinjau langsung oleh Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi Komandan Pasmar-1 yang diwakili oleh Asops Danpasmar-1 Kolonel Marinir Nanang Saefullah di lapangan Apel Brigif-1 Marinir Gedangan, Sidoarjo, Rabu (4/4/2018).

Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk melihat secara langsung kesiapan personel dan material guna mendukung kesiapan tempur dalam melaksanakan pengamanan daerah perbatasan di pulau terluar wilayah timur Indonesia dan perbatasan laut Republik Indonesia di wilayah Kalimantan Timur tepatnya di daerah perbatasan pulau Sebatik demi keutuhan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut Asops Danpasmar-1 menyampaikan pesan Komandan Pasmar-1 kepada seluruh anggota Satgas agar meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, memegang teguh dan mengamalkan Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan delapan wajib TNI guna menjaga nama baik Korps Marinir TNI AL, meningkatkan jiwa dan sikap mental pejuang serta pengabdian tanpa pamrih, meningkatkan kesiapan dan kewaspadaan dengan melakukan deteksi dini terhadap segala ancaman, hambatan dan tantangan yang dihadapi, menjaga soliditas antar prajurit TNI, Polri dan masyarakat, selain itu juga selalu menggunakan protap yang benar dalam melaksanakan kegiatan untuk meminimalisir kerugian personel maupun material.

Sementara itu, Kapten Marinir M. Yusuf Muchrom Pribadi Komandan Satgasmar Ambalat XXIII, didampingi Lettu Marinir Heru Susanto Komandan Satgasmar Pulau Terluar XXI, mengatakan, sebelum berangkat ke daerah penugasan, personel Satgasmar Ambalat XXIII dan Pulau Terluar XXI telah menerima pembekalan-pembekalan tentang kondisi geografi dan demografi, pengetahuan keimigrasian, pengetahuan hukum HAM dan Humaniter.

Tentang pengetahuan hukum laut internasional, situasi keamanan saat ini di daerah perbatasan dan pengetahuan agama, adat istiadat serta bahasa yang dipakai masyarakat pulau Sebatik, selain itu juga telah melaksanakan latihan Pra Tugas di Pusat Latihan Pertempuran Korps Marinir Grati, Pasuruan.(tok/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 9 Mei 2024
28o
Kurs