Minggu, 5 Mei 2024

Latih Empati, Lomba Agustusan Bareng Aksi Galang Dana untuk Lombok

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Siswa SD Muhammadiyah 6 lomba Agustusan bareng aksi galang dana untuk Lombok. Foto: Totok suarasurabaya.net

Sejumlah lomba digelar Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah 6 Jl. Gadung, Surabaya dalam rangka memperingati HUT ke 73 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, dilanjutkan aksi galang dana untuk korban gempa Lombok.

“Lomba untuk HUT Kemerdekaan RI memang sudah kami gelar sejak pagi, dan seluruh siswa mulai kelas I sampai VI semuanya wajib ikut. Ada lomba makan kerupuk, lomba lari kelereng,” terang Puspita Wati Wakil Kepala Kesiswaan SD Muhammadiyah 6 Surabaya.

Kemeriahan memang terlihat di lapangan tengah sekolah. Masing-masing kelas memberikan semangat kepada kawan-kawan mereka untuk memenangkan lomba-lomba yang mereka ikuti.

Yang menarik, setiap usai lomba digelar, beberapa siswa dengan mengenakan topeng berwajah beberapa atlet diantaranya gambar Lalu Zohri pelari Indonesia yang merebut juara dunia, turun kelapangan membawa kardus kemudian menunggu kawan mereka untuk memberi donasi.

Puspita membenarkan bahwa untuk tahun ini, usai mengikuti lomba, siswa diajak memberikan donasi yang akan dikumpulkan dan disalurkan bagi masyarakat korban gempa di Lombok.

“Kami ingin melatih anak-anak ini untuk lebih peka dan mengajak mereka empati terhadap sesamanya, termasuk masyarakat di Lombok yang menjadi korban gempa. Kami lakukan penggalangan dana, dan akan kami salurkan langsung kepada masyarakat di Lombok,” pungkas Puspita.

Silih berganti, para siswa bertugas sebagai pengumpul dana dari kawan-kawan mereka sendiri. Setiap kali mereka bertugas maka topeng kertas dikenakan untuk memberikan nuansa kerukunan dan kebersamaan.(tok/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
31o
Kurs