Sabtu, 20 April 2024

Mahasiswa Amerika Bikin Ketupat di STIE Perbanas

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Mahasiswa asal Amerika Serikat mencoba belajar membuat Ketupat. Foto: Totok suarasurabaya.net

Sejumlah mahasiswa asal Amerika Serikat, Selasa (26/6/2018) hadir di kampus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Perbanas Surabaya, mereka belajar membuat Ketupat. Bagian dari kegiatan program cross culture dua negara.

Mike O Quin koordinator para mahasiswa asal Texas A and M University, Amerika Serikat, menyampaikan bahwa kehadiran mereka di kampus STIE Perbanas adalah untuk saling berbagi pengetahuan serta kebudayaan.

“Kami memang ingin mengenal budaya Indonesia. Kami sangat senang bisa hadir dan bekerjasama serta saling bertukar budaya masing-masing. Kami berterimakasih atas sambutan yang menyenangkan,” kata Mike O Quin.

Kemudian Mike mengajak para mahasiswa STIE Perbanas untuk bersama-sama bermain permainan tradisional masyarakat Amerika, yang bernama: Man, Gun, Bear. Gelak tawa mewarnai permainan yang lucu, dan menggembirakan tersebut.

Para mahasiswa dari dua negara kemudian terlibat dalam keakraban sesaat setelah mereka mencoba membaur dan menari bersama dalam tarian Cotton – Eyed Joe, serta Country Line Dancing.

Sementara itu, pada pertemuan awal ini, para mahasiswa Amerika Serikat diajak belajar membuat Ketupat yang memang merupakan satu diantara makanan tradisional khas Indonesia.

Menghadirkan Firda Djuita Dosen Bahasa Inggris STIE Perbanas yang mahir membuat Ketupat dari daun muda pohon Kelapa tersebut langsung mengajak para mahasiswa asal Amerika membuat Ketupat.

Sambil menerangkan asal muasal Ketupat, serta bagaimana membuat dan menikmati Ketupat, tangan terampil dosen asal Padang ini membuat kulit Ketupat yang kemudian disi dengan beras.

Annalie Kronne satu diantara mahasiswi asal Amerika Serikat mengaku sangat senang dengan pertemuannya bersama mahasiswa mahasiswi dari Indonesia khususnya dari STIE Perbanas Surabaya.

“This is great experience and very hard,” ujar Annalie sambil tertawa dengan jari tangannya yang mencoba merangkaikan daun Kelapa muda atau Janur yang biasa dipakai sebagai bahan untuk Ketupat.

Dijadwalkan akan ada beberapa kegiatan lain yang akan dilaksanakan secara bersama-sama antara para mahasiswa Amerika Serikat bersama mahasiswa STIE Perbanas Surabaya pada kunjungannya kali ini.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
32o
Kurs