Minggu, 19 Mei 2024

Mahasiswa Baru STIE Perbanas Galang Dana Peduli Lombok

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Aksi galang dana untuk korban gempa Lombok dilaksanakan mahasiswa baru STIE Perbanas Surabaya. Foto: Humas STIE Perbanas Surabaya

Ajak mahasiswa baru miliki empati dan perduli terhadap sesamanya, aksi peduli korban gempa di Lombok digelar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Perbanas Surabaya.

Aksi sosial bertema: Meraih Kemerdekaan dengan Peduli Sesama Save Lombok, digelar menjadi bagian dari kegiatan besar dalam pelaksanaan kegiatan Sosialisasi Kehidupan Kampus (SKK) atau yang dikenal dengan Harmoni 2018 Gugus 2.

Achmad Saiful Ulum, S.AB., M.AB., Ketua Pelaksana Aksi mengatakan bahwa Harmoni 2018 ini dilaksanakan sebanyak 3 gugus. “Harmoni Gugus pertama diadakan 31 Juli sampai 3 Agustus 2018. Kemudian gugus 2 ini 13 sampai 16 Agustus 2018. Dan, terakhir gugus 3 dilaksanakan tanggal 23-26 Agustus 2018,” ternag Achmad Saiful Ulum.

Lebih lanjut, Ulum menegaskan bahwa kegiatan pengenalan dunia kampus di STIE Perbanas Surabaya sudah tidak ada lagi perpeloncoan. “Tidak ada lagi kegiatan-kegiatan perploncoan yang lebih mengutamakan bentuk kegiatan fisik,” kata Ulum.

Mahasiswa baru, tambah Ulum lebih ditekankan untuk mematuhi budaya yang selama ini dijunjung oleh STIE Perbanas Surabaya. Budaya itu, misalnya senyum, salam, sapa kepada orang yang lebih tua atau dosen maupun karyawan.

Para mahasiswa baru ini juga dididik untuk belajar menggunakan busana yang sopan saat berkuliah serta etika yang baik dan penanaman nilai-nilai karakter yang dijunjung oleh bangsa Indonesia.

“Penggalangan dana ini juga bentuk penanaman nilai-nilai karakter budaya timur, yaitu karakter peduli dengan orang lain. Nantinya, perolehan dana ini juga disumbangkan langsung kepada korban gempa di Lombok,” papar Ulum.

Para mahasiswa baru menggalang dana di sepanjang Jalan Nginden Semolo dan perkampungan yang ada di sekitar kampus STIE Perbanas Surabaya.

Bagi penyumbang yang berkontribusi diapresiasi oleh mahasiswa dengan diberi setangkai bunga mawar merah dan putih. Senyum kebahagiaan pun semakin melengkapi sikap kepedulian di tengah suasana perayaan kemerdekaan Republik Indonesia.

Satu diantara mahasiswa baru, Afif Muhasibi mengaku senang bisa berperan aktif pada kegiatan sosial dalam penggalangan dana untuk korban gempa di Lombok itu, sebagi bagian dari kegiatan Sosialisasi Kehidupan Kampus (SKK).

“Ternyata kami tidak hanya diperkenalkan dengan kehidupan kampus semata. Kami juga diajak peduli dengan sesama, melalui kegiatan aksi sosial menghimpun dana untuk korban gempa di Lombok, ini sangat menyenangkan,” pungkas Afif Muhasibi.(tok/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
29o
Kurs