Selasa, 21 Mei 2024

Mahasiswa Diharapkan Menjadi Kader Sadar Pajak

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Kuliah umum sejaligus peresmian Tax Center di kampus Unitomo Surabaya oleh Estu Budiarto Kakanwil DJP Jatim 1. Foto: Totok suarasurabaya.net

Mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa diharapkan menjadi kader sadar pajak demi pembangunan infrastruktur negara.

Mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa yang nantinya akan terjun di tengah masyarakat, diharapkan menjadi kader sadar pajak. Ini demi pembangunan infrastruktur negara.

Estu Budiarto kepala kantor wilayah Dirjen Pajak (DJP) Jawa Timur 1 menegaskan itu saat memberikan kuliah umum sekaligus peresmian Tax Center di kampus Unitomo Surabaya.

“Mahasiswa yang nanti akan terjun ke tengah masyarakat kami harapkan menjadi kader-kader sadar pajak, dan mampu mensosialisasikannya pada masyarakat agar taat dan punya kesadaran membayar pajak,” terang Estu Budiarto.

Dengan taat membayar pajak, lanjut Estu, maka hal itu sangat mendukung pembangunan berbagai infrastruktur negara. Salah satu diantaranya adalah pembangunan infrastruktur pendidikan tinggi bagi kampus dan mahasiswa.

“Pembangunan di negeri ini tidak lepas dari pajak-pajak yang dibayar oleh masyarakat. Dengan kata lain, pembangunan infrastruktur negara ini akan terkendala jika pajak tidak dibayar dengan benar. Ini persoalan,” kata Estu.

Oleh karena itu, lanjut Estu, mahasiswa yang diharapkan akan menjadi kader-kader sadar pajak ini dapat memanfaatkan fasilitas, seperti kehadiran Tax Center di kampus Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) Surabaya secara maksimal.

“Melalui fasilitas serta prasarana yang ada di Tax Center, mahasiswa dapat mencari berbagai jawaban terkait persoalan perpajakan. Diharapkan dengan semakin memahami bagaimana pajak dikelola dan didapatkan, maka mahasiswa punya kesadaran tentang pajak. Dan pada akhirnya disampaikan kepada masyarakat di lingkungannya,” tegas Estu.

Unitomo Surabaya merupakan satu diantara beberapa kampus di Surabaya yang memiliki Tax Center. Dan bekerjasama dengan Kanwil DJP Jawa Timur 1, diharapkan dapat difungsikan sebagaimana mestinya demi membangun kesadaran tentang pajak bagi masyarakat luas.(tok/tin/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Selasa, 21 Mei 2024
26o
Kurs