Jumat, 17 Mei 2024

Mahasiswa Ubhara Ingatkan Masyarakat Tidak Jauhi ODHA

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Mahasiswa Ubhara bawa poster ingatkan masyarakat bahaya HIV Aids sekaligus agar tidka menjauhi ODHA. Foto: Totok suarasurabaya.net

Memperingati Hari Aids Sedunia 1 Desember, Sabtu (1/1/22018) mahasiswa yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Drugs Free Community (DFC) Universitas Bhayangkara (Ubhara) Surabaya gelar aksi turun kejalan mengingatkan masyarakat agar tidak menjauhi ODHA.

“Orang Dengan HIV Aids (ODHA) tidak harus dijauhi atau bahkan dikucilkan. Mereka juga bagian dari masyarakat. Mari kita semua mengingatkan bahwa mereka yang terindikasi mengidap Aids atau HIV tidak harus diasingkan,” terang Qintha Eky Shafira juru bicara UKM DFC Ubhara Surabaya.

Seringkali dari berbagai kasus-kasus terjangkitinya seseorang dengan HIV atau Aids justru akhirnya dihindari bahkan dijauhi masyarakat disekitarnya. “Secara psikologis ini jug aakan menjadikan seseorang dengan ODHA semakin terpuruk. Ini tidak benar,” tegas Qintha.

Oleh karena itu, pada peringatan Hari Aids Sedunia, para mahasiswa ini selain mengingatkan bahaya Aids, juga mengajak masyarakat luas untuk tidak menjauhi dan mengucilkan mereka yang hidup dengan ODHA.

Aksi yang dilakukan para mahasiswa Ubhara ini diantaranya membagikan buklet tentang Aids serta bahaya dan berbagai penjelasannya kepada masyarakat pengguna jalan yang melintasi kawasan Jl. Polisi Istimewa dan Raya Darmo, juga membagikan pita warna merah.

Puluhan mahasiswa ini membentangkan spanduk serta imbauan agar masyarakat memberikan kesempatan kepada mereka yang tergolong ODHA untuk tetap bisa hidup layak sebagai bagian dari masyarakat.(tok)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 17 Mei 2024
31o
Kurs