Sabtu, 25 Mei 2024

Mahasiswi Teknik Kimia UKWMS Temukan Pengganti Plastik Penutup Perban

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Graccia saat menjelaskan hasil penelitiannya di kampus. Foto: Istimewa

Infeksi sangat berbahaya bagi manusia, khususnya bagi orang-orang yang memiliki kondisi khusus seperti diabetes dan kanker. Pada saat tubuh terluka, kita biasa mengenakan perban guna menutupi bagian luka agar tidak terinfeksi.

Penggunaan perban belum tentu sekali langsung habis. Plastik yang telah dibuka menyebabkan adanya bakteri masuk ke dalam sisa perban dan dapat menimbulkan infeksi.

Graccia Elvina Wijaya, mahasiswi Fakultas Teknik (FT), Program Studi Teknik Kimia, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS), menemukan solusi bahan pengganti plastik perban pada umumnya, yaitu Alginat Mesopori Silika Nano Komposit.

Graccia yang lahir di Semarang ini juga menjelaskan, deskripsi hasil dari uji karakteristik karyanya tersebut belum sama persis dengan karakteristik plastik, sehingga perlu dilakukan pengembangan lebih lanjut.

Namun dari segi reaksi kimia (sintesa) dengan alginat sudah berhasil dan dapat terdegradasi (terurai). Bioplastik sendiri merupakan jenis plastik yang mudah terurai akibat penurunan komposisi senyawa kimia secara bertahap pada kondisi tertentu.

“Karena belum sama persis dengan karakteristik plastik, maka pendekatan dari skripsi saya adalah sebagai sintesa yang mengandung antibakteri, yang nantinya berfungsi untuk menggantikan plastik pada perban,” terang Graccia.

Penelitian yang dilakukan penerima Hibah DIKTI Program Kreativitas Mahasiswa Penelitian (PKM-P) 2015 ini dibawah bimbingan Sandy Budi Hartono, Ph.D., IPM., bersama Wenny Irawaty, Ph.D., IPM.

Graccia butuh waktu 4 hingga 5 bulan untuk menyelesaikan penelitiannya. Meski terbilang cukup singkat, penelitiannya juga menemui kesulitan, yaitu pada saat sintesa bahan dibutuhkan waktu yang cukup lama, sehingga diperlukan ketelitian tinggi dalam pengerjaannya untuk mengurangi risiko kesalahan.

Graccia berharap inovasinya tersebut dapat dikembangkan dan disempurnakan lagi, sehingga dapat diaplikasikan pada perban, serta dapat mengurangi dampak merugikan dari sampah plastik.

Graccia adalah mahasiswi yang aktif dan berprestasi. Graccia tercatat pernah menjadi Asisten Praktikum Teknik Kimia 1 dan menjadi bagian dari Organisasi Mahasiswa (Ormawa).

Sejumlah prestasi yang pernah Graccia peroleh adalah menjadi Juara II pada Chemical Engineering Competition (CEC) 2017 dan menjadi Juara III Lomba Rancang Alat pada tahun 2015.

Kedua kompetisi tersebut merupakan kompetisi tingkat mahasiswa internal yang diadakan oleh Program Studi Teknik Kimia, FT UKWMS. Tidak hanya itu, Graccia mengisi waktu luangnya dengan menjadi Private Tutor bagi siswa International School dan Tutor Group untuk siswa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Berkat kegigihannya tersebut, Graccia meraih prestasi Wisudawan Akademik Terbaik pada Upacara Wisuda Semester Genap Tahun Akademik 2017/2018 ini.

“Fokus utama adalah belajar. Belajar bukan hanya tentang teknik kimia dan bidang akademik saja, tetapi yang terpenting adalah belajar untuk dapat bersosialisasi dengan siapa saja contohnya dengan teman hingga bertukar pendapat dengan dosen,” pungkas Graccia, Rabu (17/10/2018).(tok/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Sabtu, 25 Mei 2024
32o
Kurs