Sabtu, 20 April 2024

Maksimalkan Bronto Skylift, Simulasi Bakal Digelar di 31 Kecamatan

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Simulasi pemadaman kebakaran dengan memaksimalkan Bronto Skylift. Foto: Totok suarasurabaya.net

Sesaat setelah menerima informasi terjadinya kebakaran dikawasan Dukuh Kupang, sejumlah kendaraan unit dinas pemadam kebakaran kota Surabaya, langsung bergerak menuju lokasi kebakaran. Termasuk kendaraan Bronto Skylift.

Dari titik kebakaran yang terjadi dikawasan pemukiman padat penduduk tersebut, petugas pemadam kebakaran kemudian menerjunkan anggotanya. Rupanya lokasi kebakaran yang berada ditengah pemukiman menyulitkan petugas pemedam.

Upaya pemadaman kebakaran terus dilakukan, dan untuk mempercepat proses pemadaman api, petugas langsung menginstruksikan Bronto Skylift ikut memadamkan api kebakaran.

Dengan dilengkapi lengan tangga sepanjang 104 meter, Bronto Skylift dapat dioperasionalkan memadamkan api dengan semburan air melalui lengan tangga yang dapat dikenadalikan secara otomatis oleh operator dari bawah.

Dengan bantuan kendaraan Bronto Skylift, ternyata titik api kebakaran yang berada di tengah pemukiman padat penduduk tersebut dapat dipadamkan oleh petugas pemadam kebakaran Kota Surabaya.

Simulasi yang digelar di Jl. Raya Dukuh Kupang persis di depan kompleks Islamic Center Surabaya tersebut, juga melibatkan unsur terkait, mulai dari Linmas, Satpol PP, PMI, Polisi serta TNI.

Irvan Widyanto Plt. Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya menegaskan bahwa simulasi seperti ini akan dilakukan beberapa kali dan dijadwalkan bakal digelar di 31 kecamatan di seluruh wilayah Kota Surabaya.

“Tadi simulasi ini, simulasi pemadaman kebakaran ini, dengan memaksimalkan kendaraan Bronto Skylift. Kita ulang sampai 2 kali. Kita harapkan petugas juga memahami kinerja mereka sendiri. Nanti kita akan agendakan gelar di 31 kecamatan di Surabaya,” tegas Irvan.

Irvan menambahkan bahwa kendaraan Bronto Skylift tidak hanya dapat digunakan untuk pemadaman kebakaran pada bangunan-bangunan tinggi, tetapi juga dapat diperbantukan untuk kawasan-kawasan padat penduduk.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
29o
Kurs