Jumat, 24 Mei 2024

Marinir Gagalkan Penyelundupan Ribuan Botol Miras

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Anggota Yonmarhanlan VIII Bitung gagalkan penyelundupan minuman keras. Foto: Dispen Kormar

Prajurit Korps Marinir dari Batalyon Marinir Pertahanan VIII Bitung berhasil menggagalkan penyelundupan ribuan botol minuman keras di Pelabuhan Samudera Nusantara Bitung, Sulawesi utara.

Prajurit Korps Marinir dibawah pimpinan Kapten Marinir David Senewe dengan enam anggota tersebut bergabung dengan Tim dari Kodim Bitung, Polsek KP3 Pelabuhan, Pelni Bitung dan Petugas Navigasi Bitung melaksanakan pemeriksaan terhadap penumpang maupun barang yang akan dimuat ke KM Tatamailau.

Dalam pemeriksaan tersebut Tim Gabungan berhasil menggagalkan ribuan botol minuman keras cap Tikus yang dimasukkan ke dalam botol air mineral.

Ribuan botol minuman keras yang akan di selundupkan ke Indonesia Wilayah Timur dengan menggunakan KM Tatamailu tersebut langsung dimusnahkan oleh tim gabungan.

Sementara itu, Komandan Batalyon Marinir Pertahanan VIII Bitung Letkol Marinir Arip Supriyadi, S. H., M.M., M.Tr. mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu tugas pokok Yonmarhanlan VIII Bitung selain tugas operasi militer perang (OMP).

Tujuan dilaksanakan sweeping di pelabuhan yaitu untuk mengurangi bahkan memberantas penyelundupan minuman keras melalui jalur laut yang akan diselundupkan ke Indonesia Wilayah Timur.

“Minuman keras dapat merusak mental masyarakat terutama generasi muda, sehingga prajurit Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan VIII bersama-sama aparat terkait di Bitung laksanakan sweeping secara rutin untuk memberantas penyelundupan minuman keras melalui jalur laut, yaitu pada saat ada kapal penumpang yang sandar di pelabuhan Bitung,” terang Letkol Marinir Arip Supriyadi.(tok/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Jumat, 24 Mei 2024
28o
Kurs