Rabu, 8 Mei 2024

Masjid Agung Al Azhar Jakarta Gelar Shalat Ied Hari Ini

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Masjid Agung Al Azhar Jakarta menggelar Sholat Ied, Selasa (21/8/2018). Foto: Faiz suarasurabaya.net

Meskipun pemerintah menyelenggarakan Shalat Idul Adha pada Rabu (22/8/2018) besok, tetapi beberapa tempat di Jakarta sudah menggelar Shalat Ied pada hari ini, Selasa (21/8/2018). Diantaranya di lapangan Masjid Agung Al Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Ini karena Wukuf di padang Arafah sudah berlangsung pada Senin (20/8/2018) sekitar 16.30 WIB atau ba’da dhuhur waktu di Saudi Arabia (selisih 4 jam dengan Indonesia). Perkiraan pukul 09.00 WIB ini, Jamaah haji disana sudah mulai lempar Jumroh.

Ribuan jamaah shalat Ied memenuhi lapangan Masjid Agung Al Azhar, dan dihadiri diantaranya Duta Besar dari Qatar, Dubes Lebanon dan Jimly Ashiddiqqie mantan ketua Mahkamah Konstitusi.

Khotib shalat Ied di lapangan Masjid Agung Al Azhar Kebayoran Baru, Jakarta Selatan ini adalah KH Mahfudh Makmun. Tema yang diangkat dalam khotbah shalat Ied ini “Pendidikan Agama dan Akhlak Memerlukan Pengorbanan”.

Mahfudh menyampaikan kekhawatirannya terhadap akhlak dan tingkah laku anak dan remaja. Seringkali terdengar seorang anak yang tega membunuh orang tua kandungnya sendiri. Menurut dia, hal yang melatarbelakangi tindakan tersebut adalah karena anak tidak atau kurang mendapat pendidikan agama sejak dini dari orang tuanya.

“Mereka menyerahkan pendidikan anak sepenuhnya pada pihak sekolah, padahal kemampuan sekolah yang merupakan lembaga pendidikan sangat terbatas untuk melaksanakan pendidikan agama terhadap murid-muridnya,” ujar Mahfudh dalam khotbahnya, Selasa (21/8/2018).

Dari kondisi seperti inilah, menurut dia, pendidikan agama dan akhlak yang didapat sang anak belum maksimal seperti seperti yang diharapkan orang tuanya.

“Maka, banyak kita jumpai, seorang anak dengan nilai rapor baik, tapi akhlak dan tingkah lakunya sehari-hari tidak sesuai dengan nilai tersebut,” kata dia.

Mahfudh menjelaskan, pendidikan pada hakikatnya mempunyai jangkauan makna yang sangat luas dan memerlukan waktu dan tenaga yang tidak sedikit.

Sementara untuk Idul Adha 1439 Hijriah ini Masjid Agung Al Azhar Jakarta beserta Yayasannya memotong hewan kurban sebanyak 37 ekor sapi dan 807 ekor kambing. Hewan-hewan kurban ini nantinya juga akan disalurkan di beberapa daerah di seluruh Indonesia.(faz/dwi/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 8 Mei 2024
26o
Kurs