Jumat, 29 Maret 2024

Matangkan Pengetahuan Jurnalis, Kawan Muda Suara Surabaya Ikuti Workshop Ketiga

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
AKBP Suparti Kepala BNN Kota Surabaya saat memberi materi tentang bahaya narkoba. Foto: Abidin suarasurabaya.net

Workshop Suara Surabaya Muda, kembali digelar di Suara Surabaya Hall, Jalan Wonokitri Besar, Sabtu (21/4/2018). Workshop ketiga ini, kawan Muda Suara Surabaya akan dibekali materi seputar reportase atau live report, yang disampaikan oleh Iping Supingah selaku redaktur dari suarasurabaya.net.

Materi reportase ini membahas mulai dari pengertian, persiapan reportase hingga teknik reportase. Tidak hanya berupa teori, tapi kawan Muda Suara Surabaya juga berkesempatan untuk mengasah kemampuannya dalam praktik live report.

Selain materi reportase, Suara Surabaya Muda kali ini juga menghadirkan dua narasumber, yaitu AKBP Suparti Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Surabaya dan Ipda Muhammad Khoirul Umam Wakil Kasubbag Humas Polrestabes Surabaya.

Presentasi AKBP Suparti menambah pengetahuan kawan Muda Suara Surabaya, tentang bagaimana menghindari narkoba, agar mereka terus berkarya tanpa batas. Begitu juga dengan Ipda Khoirul Umam menyampaikan materi anti hoax, yang perlu diwaspadai oleh generasi muda.

Selain itu, kehadiran kedua narasumber ini, diharapkan bisa menunjang kemampuan mereka dalam membuat, memperdalam teknik wawancara, dan melaporkan berita di radio, yang pernah didapatkan dari workshop sebelumnya.

Mereka akan diajak untuk mengikuti simulasi konferensi pers, di mana kawan Muda Suara Surabaya memposisikan diri seolah-olah menjadi jurnalis yang sedang bertugas untuk wawancara dengan narasumber. Kemudian, menulis berita dan melaporkan hasil wawancaranya secara live.

Workshop Suara Surabaya Muda di angkatan pertama ini, diikuti sekitar 25 siswa dari 5 sekolah yang dipilih. Kelima sekolah yang telah bergabung diantaranya, SMAN 15 Surabaya, SMA Muhammadiyah 2 Surabaya, SMAN 2 Surabaya, SMAK St. Louis Surabaya dan SMA Khadijah Surabaya. (ang/bid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs