Minggu, 17 Januari 2021

Melihat Jokowi Bermain Kuda Lumping Bersama Anak Nusantara

Laporan oleh Jose Asmanu
Bagikan
Joko Widodo, Iriana, Seto Mulyadi, Nila Moeloek Menkes, Idrus Marham Mensos dan Muhadjir Effendy Mendikbud serta beberapa menteri yang lain mengadakan acara Jam Main Kita, yang berlangsung di halaman belakang Istana Merdeka, Jumat (4/5/2018). Foto: Biro Pers Setpres

Kegembiraan anak-anak Indonesia ketika diberi kesempatan bermain di halaman belakang Istana Merdeka, Jakarta, mencerminkan betapa rindunya anak-anak itu bisa bermain di tempat terbuka.

Mereka bisa saling mengenal dan mengekpresikan kemampuannya masing- masing.

Pandangan ini disampaikan Seto Mulyadi (Kak Seto) Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) setelah memandu acara Jam Main Kita, yang berlangsung di halaman belakang Istana Merdeka, Jumat (4/5/2018).

Karena kurangnya tempat bermain yang terbuka dan ramah anak, mengakibatkan anak-anak menyendiri, serta menjadikan gadget sebagai teman setia.

“Sikap orang tua yang sibuk dengan urusanya sendiri menjadi penyempurna, sehingga kesempatan anak untuk bisa bermain bersama keluarga dan teman temannya di tempat terbuka yang ramah anak terabaikan,” kata Kak Seto.

Acara bermain dengan anak nusantara yang dihadiri Joko Widodo Presiden dan Iriana Ibu Negara, diharapkan tidak sekadar seremonial. Lebih dari itu, acara ini bisa dikembangkan di daerah yang memiliki berbagai ragam permainan tradisional.

“Ini penting karena menjadi bagian dari pendidikan karakter untuk mengembangkan interaksi sosial di kalangan anak anak nusantara,” pesan Ketua LPAI itu.

Halaman belakang Istana Merdeka kemarin itu disulap menjadi sebuah arena bermain dan tempat berkumpul bagi anak-anak Indonesia. Pepohonan yang berada di sekeliling halaman itu menjadikan tempat bermain anak-anak ini semakin asri dan nyaman.

Sebelum permainan dimulai, Kepala Negara memberi nasihat kepada anak-anak Indonesia agar giat belajar, taat beribadah, dan rajin berolahraga.

“Coba anak-anak olahraganya apa? Futsal? Mana yang senang jalan sehat? Ada yang senang renang? Ada yang senang badminton? Siapa yang senang sepak bola?” tanya Presiden.

Selain itu, Presiden juga mendorong anak-anak untuk meluangkan waktu bersenang-senang menikmati permainan tradisional bersama teman-teman sebaya di luar ruangan saat senggang.

“Jangan lupa anak-anak kalau ada waktu baik sore hari, hari Sabtu atau Minggu, juga harus selalu bermain di luar ruangan. Jangan main handphone terus,” pesan Presiden.

Suasana semakin riang ketika presiden dan ibu negara mengajak anak-anak bermain kuda lumping, diikuti Nila Moeloek Menteri Kesehatan, Idrus Marham, Mensos, dan Muhadjir Effendy Mendikbud.

Presiden dan Ibu Iriana tampak berada di baris terdepan dengan diiringi musik dan dipandu oleh Ketua LPAI Seto Mulyadi.

“Saya jadi teringat masa kecil, dulu saya sering bermain gobag sodor, jumpritan,” kata Mendikbud sambil meninggalkan halaman Istana Merdeka. (jos/tna/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Mobil Tabrak Pohon di Median Jalan Raya Juanda

Kondisi Jembatan Ngepung Benjeng

Kecelakaan di Margorejo

PickUp Mogok di Flyover Waru

Surabaya
Minggu, 17 Januari 2021
26o
Kurs