Minggu, 5 Mei 2024

Menaker Minta Perusahaan Terapkan Sistem K3 untuk Menekan Kecelakaan Kerja

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Hanif Dhakiri Menaker dan Soekarwo Gubernur Jatim, Jumat (12/1/2018) . Foto: Abidin suarasurabaya.net

Hanif Dhakiri Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) berharap dunia ketrnagakerjaan harus memperhatikan kesehatan dan keselamatan kerja agar bisa menekan kecelakaan kerja.

Hal ini dikatakan Menaker usai peringatan bulan K3 Nasional 2018 di Gedung Negara Grahadi Jl Gubernur Suryo Surabaya.

“Setiap tahun bulan K3 biasanya diperingati di Jakarta, tapi untuk tahun ini digelar di Jatim karena memiliki kemajuan di bidang ketenagakerjaan,” ujarnya di Gedung Negara Grahadi, Jumat (12/1/2017).

Hanif berharap, masyarakat dunia kerja bisa menjadikan K3 sebagai budaya kerja. Sehingga kecelakaan kerja bisa ditekan. Pemerintahan selama ini terus berusaha menurun angka kecelakaan kerja.

“Kecelakaan kerja masih sering terjadi karena faktor kesadaran pengusahanya dan pekerjanya dalam menjalankan sistem K3, kepatuhan regulasi pemerintah, dan pengawasan ketenagakerjaan masih kurang,” katanya.

Hanif mengatakan, sistem K3 di dunia ketenagakerjaan terus dibudayakan. Indikatornya, perusahaan yang dapat penghargaan terus meningkat dan jumlah kecelakaan kerja menurun.

Dalam pencanangan bulan K3 ini Kemenaker juga memberi penghargaan kepada Kepala Daerah Pembina K3 terbaik yaitu Bupati Gresik, Bupati Pasuruan, Bupati Sidoarjo, Walikota Surabaya, Bupati Tuban, Bupati Lamongan, Bupati Blitar, Bupati Mojokerto, Bupati Bojonegoro dan Walikota Madiun. (bid/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
30o
Kurs