Senin, 1 Maret 2021

Mendesak, Stok Darah A dan AB Menipis di PMI Surabaya

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Ilustrasi.

Stok darah untuk golongan darah A dan AB menipis di Palang Merah Indonesia (PMI) Surabaya, Jumat (2/11/2018).

Secara rinci, ketersediaan darah di golongan darah A dan AB masing-masing yaitu sel darah merah golongan darah A tersisa 7 kantong dan AB 1 kantong, serta darah penuh golongan darah A tersisa 1 kantong dan AB 1 kantong.

Kurangnya stok di dua golongan darah ini sudah terjadi sejak Kamis (1/11/2018). Hingga saat ini, ketersediaan darah untuk kedua golongan darah itu masih mengkhawatirkan. Kondisi ini terjadi, karena beberapa hari ini pendonor yang berasal dari golongan darah A dan AB hanya sedikit.

Triksi Hendria Humas Unit Donor Darah PMI Kota Surabaya menyebut, PMI saat ini membutuhkan bantuan masyarakat yang memiliki golongan darah A dan AB untuk mendonorkan darahnya agar persediaan darah di PMI Surabaya aman. Hal ini agar, apabila ada orang yang membutuhkan darah untuk kedua golongan darah itu bisa segera mendapatkannya.

Menurut Triksi, selama ini PMI Surabaya sudah gencar melakukan jemput bola untuk mendapatkan stok darah. PMI biasa mendatangi instansi-instansi untuk bekerjasama melakukan donor darah.

“Biasanya aman, rata-rata per hari ada 350 pedonor,” kata Triksi ketika ditemui di kantor PMI Surabaya, Jumat (2/11/2018).

Tristi menyebut, sebenarnya tidak ada penurunan angka pendonor. Hanya saja pendonor dari golongan darah A dan AB sedang berkurang.

“Dikarenakan juga yang memiliki golongan darah A dan AB juga lebih sedikit dibanding golongan darah lain,” katanya.

Ia mengimbau, masyarakat Surabaya yang memiliki golongan darah A dan AB agar mendonorkan darahnya. Terkait syarat, pendonor harus minimal berusia 17 tahun, berat badan minimal 45 kg, dan dalam kondisi sehat.

Sebagai informasi, masyarakat yang berkeinginan untuk mendonorkan darahnya bisa langsung datang ke Unit Transfusi Darah PMI Surabaya di Embong Ploso Nomor 7-15, Surabaya. Unit ini buka setiap hari dari pukul 07.00-21.00 WIB. (bas/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Berlubang dan Berkubang

Kebakaran Rumah di Wonosari Surabaya

Truk Tabrak Warung di Sidoarjo

Truk Terguling di Prigen

Surabaya
Senin, 1 Maret 2021
27o
Kurs