Jumat, 3 Mei 2024

Mendikbud Ajak Orang Tua Awasi Anak Gunakan Gawai

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Muhadjir Effendy Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Muhadjir Effendy Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) mengimbau kepada sekolah dan keluarga untuk mengawasi dan mendampingi anak-anaknya saat menggunakan gawai.

Mendikbud saat ditemui di sela kegiatan Tanwir I Pimpinan Pusat Aisyiyah Periode 2015-2020 di Universitas Muhammadiyah Surabaya, Jumat (19/1/2018), mengatakan hal tersebut agar anak tak menjadi kecandun dengan barang tersebut.

“Saya mengimbau kepada sekolah dan orang tua untuk mengawasi dan mendampingi anak-anaknya ketika mereka memanfaatkan fasilitas gadget dan dunia maya. Bukan hanya teknologinya saja yang membuat kecanduan, tapi konten juga harus diwaspadai,” kata dia.

Dilansir Antara, Muhadjir mengatakan, tidak bisa membendung teknologi yang sedang berjalan saat ini. Pilihannya adalah untuk mengarahkan dan mengawasi anak-anak.

Kasus dua pelajar yang mengalami gangguan jiwa karena gawai di Bondowoso, Jawa Timur, kata dia, menjadi peringatan dini untuk segera mengantisipasi kemungkinan terburuk dampak penggunakan gawai bagi anak.

“Itu diserahkan kepada masing-masing sekolah. Sekolah harus arif kapan waktu diperbolehkan anak memakai gadget. Keluarga juga,” tuturnya.

Dia mencontohkan, televisi juga sejak dahulu menjadi permasalahan bagi mereka yang tidak arif menjadikannya sebagai media pembelajaran untuk anak.

“Tapi juga tidak bisa membendung untuk menghindari penggunaan gadget, Kemendikbud sedang merancang tentang bagaimana merancang program literasi digital,” ujarnya. (ant/ang/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
32o
Kurs