Senin, 29 April 2024
Info Mudik

Menhub Berharap Minat Masyarakat Pengguna Kapal Laut untuk Mudik Meningkat

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Budi Karya Sumadi Menteri Perhubungan memberikan keterangan terkait persiapan transportasi umum menghadapi arus mudik lebaran 2018, Rabu (6/6/2018), di Gedung DPR, Jakarta Selatan. Foto: Farid suarasurabaya.net

Budi Karya Sumadi Menteri Perhubungan mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan berbagai langkah untuk menjamin ketersediaan angkutan umum yang layak buat masyarakat calon pemudik.

Tapi, Menhub mengakui angkutan transportasi laut sampai sekarang belum maksimal dalam artian belum menjadi pilihan utama masyarakat yang akan berlebaran di kampung halamannya.

Maka dari itu, mulai tahun 2018, Kementerian Perhubungan gencar melakukan kampanye program mudik gratis menggunakan kapal laut.

“Tahun ini kami kembali mengadakan program mudik gratis untuk masyarakat. Jumlahnya masih terbatas untuk 30 ribu orang, dan paling banyak rute Jakarta ke Semarang,” ujarnya ujarnya di Gedung DPR RI, Jakarta Selatan, Rabu (6/6/2018).

Sepeda motor pemudik, lanjut Budi, juga bisa diangkut kapal laut tanpa dipungut biaya alias gratis. Bahkan, untuk menarik minat masyarakat, diadakan undian berhadiah sepeda motor.

“Dengan begitu, kami harap ada peningkatan minat pengguna angkutan laut. Alhamdulillah, sampai sekarang tercatat ada peningkatan calon penumpang kapal laut dibandingkan tahun lalu. Kami berharap bisa ada peningkatan 90 persen,” harapnya.

Kemenhub juga sudah mensinyalir sejumlah titik yang berpotensi membuat kelebihan penumpang, antara lain di Madura, Balikpapan, Banjarmasin, Makassar dan Baubau di Pulau Buton.

Untuk mengantisipasi membludaknya penumpang, Menhub sudah menugaskan Dirjen Perhubungan Laut berkeliling melakukan pengamatan. Kalau terindikasi akan ada kekurangan, maka Kemenhub akan menyiapkan kapal laut tambahan. (rid/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
29o
Kurs